12.9 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Bupati Didesak Sediakan Laboratorium Tes PCR di Dairi

Sidikalang, MISTAR.ID

Meningkatnya data warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Dairi terutama di kalangan pejabat, Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu didesak untuk menyediakan alat laboratorium tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Desakan itu disampaikan Anggota DPRD Dairi Hendra Tambunan dari Fraksi PDIP di Sidikalang, Senin (2/8/21). Alasan desakan Hendra Tambunan itu dikarenakan kurang validnya data warga Dairi maupun pejabat pada pemerintahan Dairi yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang kabarnya banyak simpang siur. Sehingga Kabupaten Dairi harus miliki laboratorium tes PCR guna memastikan kepalitan data terkonfirmasi positif Covid-19.

Hendra Tambunan juga mengaku khawatir dengan data yang dimiliki Pemerintah Dairi yang tidak valid ditambah dugaan tidak maksimalnya Satgas Covid-19 Dairi melakukan tracing.

Baca Juga:3 Orang Juru Masak Bupati Dairi Positif Terpapar Covid-19

“Kita sangat khawatir dengan kabar yang kita dapat bahwa banyaknya keluarga pejabat Dairi terkonfirmasi positif Covid-19 yang berpotensi menyebarkan Covid-19. Selain pejabat pemerintahan Dairi, jangan-jangan sudah ribuan masyarakat yang terkonfirmasi positif. Yang kita dengar, banyak keluarga terpapar Covid-19 tidak dilakukan tracing,” kata Hendra.

“Kita tidak tahu pasti data validnya. Sebab para keluarga pejabat Dairi itu berhubungan langsung dengan masyarakat dalam pelayanan, terutama saat ini pejabat pemerintah Dairi kerjanya hanya melakukan rapat. Baik rapat bersama masyarakat dan anggota DPRD. Akan tetapi tidak bisa menunjukkan hasil tes atau hasil tes PCR,” tambahnya.

Hendra juga memaparkan maraknya pejabat pemerintahan Dairi yang terpapar Covid-19 sesuai hasil tes swab antigen. Di antaranya di sejumlah pejabat di Setda Dairi dan pendopo Bupati, Kantor Sekwan serta sejumlah kantor dinas seperti Dinas Catpilduk, Kominfo, Perpustakaan, Pemdes, RSUD, Kesehatan, BKPSDM dan sejumlah anggota DPRD.

Baca Juga:Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Dairi Bertambah 43 Orang

“Untuk itu Bupati Dairi kita desak agar secepatnya menyediakan laboratorium tes PCR di Dairi. Supaya data terkonfirmasi positif Covid-19 bisa valid. Dairi punya anggaran banyak. Tetapi Dairi tidak memiliki laboratorium tes PCR. Ironisnya Dairi bermitra ke kabupaten lain untuk medapat hasil tes PCR,” kata Hendra.

Terpisah Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe, saat dikonfirmasi membenarkan data update terkonfirmasi positif Covid-19 terkini sebanyak 365 orang. (manru/hm12)

Related Articles

Latest Articles