18.3 C
New York
Friday, June 28, 2024

Bupati Deli Serdang: Lubuk Pakam Layak Jadi Kecamatan Terbaik Tingkat Sumatera Utara

Kecamatan Lubuk Pakam, tambahnya, sudah banyak mendapat prestasi di tingkat lokal maupun nasional. Salah satunya dan sangat membanggakan adalah berhasil meraih Piala Adipura Kategori Kota Kecil dari Menteri Lingkungan Hidup Tahun 2022 lalu.

Dan Kecamatan Lubuk Pakam sudah 16 kali dianugerahi Piala Adipura, mulai tahun 1995. Dan tahun ini akan mengikuti penyelenggaraan Adipura Kencana.

“Tidak berlebihan rasanya, Kecamatan Lubuk Pakam ini pantas dan layak menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Saya berkesempatan berbicara dengan masyarakat Lubuk Pakam. Mereka bertanya kepada saya, kenapa masih dinilai Pak? Saya bilang, ya memang begitu. Saya sudah keliling ke mana-mana, kayaknya memang Lubuk Pakam inilah yang terbaik di Sumatera Utara. Kata orang itu Pak (Drs Basyarin Yunus Tanjung MSi). Saya bilang ke ibu-ibu, saya pun sependapat,” jelas Bupati Ashari.

Baca juga : Bupati Deli Serdang Berusaha Penuhi Kebutuhan Anak

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Basyarin Yunus Tanjung yang juga Ketua Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut menyampaikan penilaian kecamatan merupakan bentuk motivasi kepada seluruh unsur pimpinan di kecamatan dan kabupaten untuk mencapai hasil terbaik.

“Saat pelantikan Pj Gubsu di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri, mengamanahkan jajaran yang paling rendah sampai ke tingkat keluarga adalah jajaran pemerintahan dalam negeri. Mulai dari pemerintahan provinsi, kabupaten, camat, ada lurah. Pemerintahan desa masuk ke lini keluarga melalui Posyandu. Artinya, saya yakin kalau bisa menggerakan masyarakat, menggerakan potensi-potensi di kecamatan dan kelurahan, maka tingkat kesejahteraan masyarakat bisa dicapai,” ujarnya.

Soal kemiskinan ekstrem, lanjutnya, menjadi beban semua pihak. Dalam pengertiannya, kemiskinan ekstrem adalah secara kuantitatif pendapatan masyarakat yang bisa dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya hanya Rp19.700. Artinya, uang yang didapat Rp20 ribu, habis untuk belanja. (rinaldi/hm18)

Related Articles

Latest Articles