10.5 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Bupati Darma Wijaya Sidak Dinas Dukcapil Sergai

Sergai, MISTAR.ID

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H.Darma Wijaya lakukan sidak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Kamis (24/6/21)

Sidak tersebut dilakukan Bupati untuk melihat sejauh mana perkembangan dan keberhasilan penerapan Aplikasi yang di beri nama Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat (Bakso Urat) yang di luncurkan pada (31/5/21) lalu.

Tanpa di dampingi, Bupati masuk ke ruangan pelayanan Adminitrasi Kependudukan di Dinas Dukcapil sehingga masyarakat tidak menyadari orang nomor satu di Sergai itu datang untuk lakukan sidak.

Dengan santai Bupati sempat bertanya pada masayarakat tentang pelayanan di Dinas tersebut, apakah ada percaloan saat mereka mengurus Administrasi Kependudukan atau tidak.

Baca Juga: Wabup Sergai Sidak Pelayanan Administrasi Dukcapil

Masyarakat yang tidak menyadari bahwa berbicara dengan Bupati pun menjawab dengan polosnya pertanyaan Bupati tersebut, namun Bupati tidak mendapati pengakuan terkait percaloan tersebut dari masyarakat yang sedang mengurus Administrasi Kependudukan di Dinas Dukcapil.

Dalam sidak tersebut Bupati Darma Wijaya juga sempat berdialog dengan masyarakat yang sedang mengantri di luar loket penerimaan Berkas untuk mengurus Administrasi Kependudukan di Dinas Dukcapil Sergai, dengan sabar Bupati menjelaskan bahwa sekarang sudah ada  Aplikasi yang di beri nama Bakso Urat, jadi masyarakat sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke Dinas Dukcapil karena mereka bisa mengakses aplikasi tersebut sehingga itu sangat menghemat waktu dan biaya trasportasi dengan datang langsung ke Dinas Dukcapil Sergai.

Saat di komfirmasi Harian Mistar usai sidak, Bupati Sergai H.Darma Wijaya menuturkan, “sidak kali ini betujuan untuk melihat langsung dari pengurusan KK, KTP dan hasil penerapan sistem Aplikasi Bakso Urat yang berbasis internet yang kita luncurkan kemarin.

Baca Juga: Wabup Darma Wijaya Sidak ke Dinas Pendidikan Sergai

“Alhamdulillah hasilnya sudah lumayan baik dan masyarakat sangat puas dengan pelayanan berbasis online tersebut. Kita juga melihat antrian di Dinas Dukcapil tidak sepadat seperti dulu,” kata Darma Wijaya.

Mungkin karena pelayanan sudah tidak terpusat lagi di Dinas Dukcapil jadi masyarakat yang dulunya bejubel di sini untuk mengantri sekarang sudah tidak lagi.

“Sekarang, cukup dari rumah saja mereka sudah bisa mengakses untuk melakukan registrasi Administrasi Kependudukan dan setelah dinyatakan lengkap mereka tinggal mengantar berkas mereka sesuai zona dimana mereka tinggal,” kata Bupati.

Diketahui ada 5 titik sebagai titik simpul untuk memberikan kemudahan masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan.

Ada pun 5 titik tersebut terletak 5 kantor Kecamatan yaitu Kecamatan Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tebing Syahbandar, Dolok Merawan, Serba Jadi. Itulah 5 titi tersebut yang di lihat dari 5 (Dapil) atau Daerah Pemilihan. (boby/hm13)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles