16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Bupati Asahan Ajak Semua Pihak Dukung Program JKN

Asahan, MISTAR.ID

Bupati Asahan H Surya Bsc, bersama Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kisaran menyerahkan kepesertaan BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) berasal dari APBD, Jumat (13/10/23).

Dalam kesempatan itu, Pemkab Asahan juga menyerahkan bukti kepesertaan dan memberikan sertifikat penghargaan kepada enam rumah sakit di Provinsi Sumatera yang telah berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dalam menyediakan pengobatan gratis bagi warga Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Dr Hari Sapna menjelaskan, Dinas Kesehatan bertanggung jawab mendukung visi dan misi Pemkab Asahan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Program prioritas “Asahan Sehat” menjadi fokus utama.

Dr Hari Sapna juga mengungkapkan bahwa bantuan bukti kepesertaan BPJS PBI APBD Kabupaten Asahan telah diserahkan kepada 100 penerima. Selain itu, sertifikat penghargaan diberikan kepada enam rumah sakit rujukan di Sumatera Utara yang telah berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan selama 2 tahun untuk memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang membutuhkan.

“Sertifikat tersebut diberikan kepada RSU Pusat H Adam Malik Medan, RSU Haji Provinsi Sumatera Utara, RSU Bidadari Batubara, RSU H Abdul Manan Simatupang, RSU Ibu Kartini Kisaran, dan RSU Permata Bunda Kisaran,” ujarnya.

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila, Bupati Asahan: Tingkatkan Kinerja dan Buat Terobosan

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran, Dr Lenny Marlina TUM AAAK menjelaskan, kebijakan nasional mencakup penyelenggaraan program JKN sesuai dengan Perpres No 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2022 – 2024.

“Dalam rangka meningkatkan persentase penduduk yang menjadi peserta jaminan kesehatan melalui SJSN bidang Kesehatan, target minimal adalah mencapai 98% pada tahun 2024,” terangnya.

Sementara, Bupati Asahan H Surya Bsc menyoroti tujuan jangka menengah Kabupaten Asahan yang tertuang dalam peraturan daerah. Ia menekankan pentingnya operasionalisasi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Visi “Masyarakat Asahan yang Sejahtera, Religius, dan Berkarakter” menjadi fokus, dengan penekanan pada peningkatan pelayanan kesehatan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan.

“Kami berterima kasih kepada enam rumah sakit rujukan yang telah berkolaborasi dengan pelayanan terbaik. Mari bersama-sama tingkatkan kerja sama ini untuk masa depan,” katanya. (perdana/hm24)

Related Articles

Latest Articles