17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

BS Bina Mandiri Kisaran Barat Ubah Sampah jadi Rupiah

Asahan, MISTAR.ID

Posko Bank Sampah (BS) Bina Mandiri yang berada di jalan Khairil Anwar Kelurahaan Kisaran Baru, Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, mengubah sampah menjadi rupiah.

Sri Ratnasih (37) warga jalan Diponegoro Gang Perak Lingkungan V Kelurahan Kisaran Baru, Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan mengaku sangat terbantu dengan adanya bank sampah di daerah mereka .

“Biasanya tabungan itu saya tahan aja dulu, gak diambil. Pokoknya tiap ada jadwal penimbangan, tetap rutin menyetorkan sampah.  Nah pas ada keperluan mendesak baru saya tarik tabungannya. Seperti hari ini, lumayan dapat Rp.200.000, (Dua Ratus Ribu Rupiah).  Alhamdulillah bisa untuk tambahan belanja, apalagi sekarang lagi musim Corona,“ ungkap Ratna kepada wartawan, Sabtu (20/6/20).

Seperti diketahui Bank Sampah (BS) Bina Mandiri Kisaran, yang diinisiasi oleh Program CSR PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Kisaran dan Rumah Zakat berdiri sejak tahun 2018 lalu.

Baca juga: Bupati Asahan Instruksikan Kadisdik Pecat 2 Oknum ASN Terkait Video tak Senonoh yang Viral

Rizka Fajira selaku Bendahara BS Bina Mandiri mengatakan, pada hari penimbangan sampah merupakan momen yang paling ditunggu oleh nasabah, karena dapat dipastikan saldo tabungan akan terus bertambah.

Artinya dana tabungan dari penjualan sampah semakin meningkat. Kini setelah tiga bulan lamanya menabung sampah, nasabah sudah dapat mengambil uang hasil tabungan sampahnya selama ini.

“Biasanya kalau ada momen hari besar seperti menjelang Bulan Suci Ramadhan, sebelum lebaran, atau pas tahun ajaran baru sekolah seperti ini, nasabah sangat bersemangat datang ke posko bank sampah untuk mengambil uang hasil tabungan sampahnya selama ini. Nominal tabungannya lumayan besar juga, mulai dari Rp.50.000 sampai Rp.200,000,“ ungkap Rizka.

Baca juga: Sungai Silau Meluap, 87 Rumah Di Desa Terusan Tengah Asahan Terendam Banjir

Disamping memperoleh manfaat secara ekonomis, antusiasme dan kekompakan warga diseputaran Posko Bank Sampah Mandiri, dalam menabung sampah terus dilaksanakan.

Selain itu juga sebagai upaya mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat limbah plastik dan sampah anorganik lainnya yang tidak dapat diurai secara alami.

Kegiatan penimbangan sampah oleh BS Bina Mandiri dilakukan setiap dua pekan sekali. Sampah yang ditimbang merupakan sampah anorganik dengan volume mencapai 500-700 kg perbulan, yang meliputi sampah plastik, kaca, kertas, logam, dan lain sebagainya.

Kegiatan BS Bina Mandiri ini mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan dan Lurah Kelurahan Kisaran Baru.

Baca juga: Terima Dana Penanganan Covid-19 Rp500 Juta Lebih, Tapi Drum Air Cuci Tangan di Rumah Sakit Rujukan Asahan Malah Tak Berisi

Sedangkan Kepala lingkungan V Kelurahan Kisaran Baru Hadi Martono menjelaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan bank sampah ini, dan turut secara aktif mempromosikan program BS di seluruh wilayah kelurahan Kisaran Baru.

“Pihak kelurahan sangat mengapresiasi kegiatan Bank Sampah Bina Mandiri di Kelurahan Kisaran Baru yang cukup aktif dan sangat positif untuk kesadaran lingkungan dan diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian warga,” tutup Hadi Martono.(Azhar/hm07)

Related Articles

Latest Articles