28 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Warga Binjai Bisa Mengakses Pelayanan Kesehatan Hanya Pakai KTP

Binjai, MISTAR.ID

Wali Kota Binjai Amir Hamzah secara resmi membuka kegiatan Peluncuran Program Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Layanan Kesehatan Menyeluruh Kota Binjai di Lapangan Bola Kebun Lada Binjai, Rabu (17/7/24).

Peluncuran Program UHC atau Cakupan Layanan Kesehatan Menyeluruh Kota Binjai ini dibuka dengan pelepasan balon udara bersama dengan unsur Forkopimda. Untuk diketahui, Kota Binjai merupakan Kabupaten/Kota Ke-20 se-Sumatera Utara yang telah melaksanakan Launching Universal Health Coverage.

Wali Kota Binjai menjelaskan UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan bermutu dengan biaya terjangkau, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun tingkat lanjut.

Baca juga : Seratusan Warga Hamparan Perak Ikut Sunat Massal Gratis, Ini Pesan Ketua IDI Deli Serdang

Ia menyampaikan dengan diluncurkannya Program Cakupan Layanan Kesehatan Menyeluruh Kota Binjai, ke depan warga Binjai bisa mengakses pelayanan kesehatan hanya dengan menunjukan KTP.

“Ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kota Binjai dalam memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat,” ucapnya.

Saat ini, lanjutnya, dari 308.589 penduduk Kota Binjai sebanyak 293.160 penduduk telah memiliki jaminan kesehatan, yang artinya cakupan kepesertaan jaminan kesehatan BPJS di Kota Binjai telah mencapai lebih dari 95%.

Dia juga menegaskan Pemerintah Kota Binjai berkomitmen untuk menanggung biaya premi masyarakat yang tidak mampu membayar setiap bulannya.

Related Articles

Latest Articles