13.2 C
New York
Tuesday, October 8, 2024

Kadis Kanak Batu Bara Bicara Netralitas ASN dan Manfaat BPJS Bagi Nelayan

Batu Bara, MISTAR.ID

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Kanak) Kabupaten Batu Bara, Antoni Ritonga membicarakan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan manfaat BPJS ketenagakerjaan bagi nelayan, Selasa (8/10/24).

Bertempat di aula kantor Dinas Kanak, Antoni Ritonga menegaskan netralitas ASN. “Kami (ASN) netral, tolong jaga kenetralan, dan jangan ada bahasa candaan dalam situasi seperti ini. Candaan tolong dijaga, karena itu dapat memancing permasalahan antara sesama kita atau dengan saudara. Itu bahaya, agar sama-sama nyaman,” tegasnya.

Terkait pilihan dalam Pilkada tahun 2024, Antoni mempersilahkan memilih sesuai hati nurani demi pembangunan Kabupaten Batu Bara. “Kami imbau ketika hari pencoblosan datanglah ke TPS. Jangan sampai tidak datang, karena kita memilih pemimpin untuk masa depan,” tandasnya.

Baca Juga : Disdukcapil Batu Bara Urus Kembali Dokumen Kependudukan Warga yang Rumahnya Terbakar

Selain itu, Antoni berpesan kepada nelayan yang hadir agar dapat memahami dengan jelas apa yang dimaksud dengan BPJS ketenagakerjaan dan manfaatnya bagi nelayan. “BPJS ketenagakerjaan sangat penting bagi nelayan yang memiliki risiko tinggi saat mencari nafkah di laut,” ucapnya.

Di tempat yang sama, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Dedi Tarigan, menjelaskan program BPJS Ketenagakerjaan dan manfaat jaminan kecelakaan kerja (JKK) yang dibutuhkan nelayan.

Dijelaskan Dedi, pekerja bukan penerima upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan usaha ekonomi secara mandiri seperti nelayan, untuk memperoleh penghasilan. “JKK merupakan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh pekerja pada saat bekerja. Adapun manfaat yang diberikan berupa uang tunai dan atau pelayanan kesehatan,” tukasnya. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles