23.1 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

Bawaslu Batu Bara Gelar CAT Calon Anggota Panwascam pada Pilkada 2024

Batu Bara, MISTAR.ID

Bawaslu Kabupaten Batu Bara menggelar ujian tertulis Computer Assistant Test (CAT ) dan essay test bagi calon anggota Panitia Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada Pilkada 2024, Selasa (14/5/24).

Dari 52 calon yang mendaftar dan lulus seleksi administrasi, hanya 50 calon yang hadir mengikuti ujian di SMKN-1 Air Putih Desa Suka Raja Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara.

Kapolres AKBP Taufiq Hidayat Thayeb hadir langsung meninjau ujian tersebut didampingi PJU Polres Batu Bara.

Baca juga: Kapolres Batu Bara: Cooling System Wujud Keharmonisan Polri dengan Masyarakat Jaga Kamtibmas

Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara M Amin Lubis mengatakan ke 50 calon akan memperebutkan 9 posisi Panwaslu kecamatan yang kosong karena tidak lulus dalam evaluasi.

Menurut Amin, guna menentukan anggota Panwascam pada Pilkada 2024, Bawaslu Kabupaten Batu Bara menetapkan anggota terpilih melalui 2 langkah.

Langkah pertama adalah evaluasi terhadap seluruh anggota Panwascam di 12 kecamatan.

Berdasarkan evaluasi, hanya anggota pada Pemilu serentak 2024 dari 4 kecamatan saja yang mulus dan ditetapkan sebagai Panwascam Pilkada 2024. Keempat kecamatan tersebut adalah Medang Deras, Sei Suka, Laut Tador dan Lima Puluh.

“Sementara dari 8 kecamatan lain berdasarkan evaluasi ada 9 anggota yang harus diganti. Dari Kecamatan Air Putih terevaluasi 2 anggota dan 7 kecamatan lain masing-masing 1 anggota,” beber Amin.

Kemudian pada langkah kedua adalah mengisi kekosongan anggota yang terevaluasi di 8 kecamatan.

Baca juga: Bawaslu Batu Bara Surati KPU Terkait Kesalahan Penulisan Jumlah DPT Pemilu

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Bawaslu membuka seleksi pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan dengan alokasi 9 orang.

“Kelak dari 50 peserta ujian akan diambil 18 calon untuk mengikuti ujian wawancara. Sedangkan dari wawancara akan diambil 9 calon untuk ditetapkan sebagai anggota Panwaslu kecamatan,” jelas Ketua Bawaslu Batu Bara M. Amin Lubis.

Sedangkan pelantikan, menurut Amin, akan dilaksanakan bersamaan dengan anggota Panwascam lain yang lulus evaluasi. (ebson/hm22)

Related Articles

Latest Articles