21.9 C
New York
Wednesday, September 11, 2024

Petugas Damkar Evakuasi Ular Piton 4 Meter

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tanjungbalai menghadapi tantangan besar sebelum mereka berhasil mengevakuasi seekor ular piton sepanjang empat meter dari atas atap kandang ayam milik warga di Jalan Simpang Lingkar Jati, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut).

Kejadian ini bermula ketika seorang warga melaporkan adanya seekor ular piton yang ditemukan bersembunyi di atap kandang ayam rumahnya. Penemuan ini tidak hanya mengejutkan pemilik rumah tetapi juga memicu kekhawatiran kemungkinan bahaya yang ditimbulkan oleh ular tersebut.

“Ketika kami tiba di lokasi, kami mendapati ular piton tersebut tengah memangsa seekor ayam ternak yang ada di kandang. Membuat situasi semakin sulit karena ular tersebut berada dalam keadaan kenyang dan naik di atap seng. Cukup sulit untuk dipindahkan karena badannya melilit pondasi atap,” kata Edi, salah satu petugas Damkar Tanjungbalai kepada wartawan, Rabu (10/9/24).

Baca juga: Wanita Lansia di Palopo Tewas Ditelan Ular Piton 4 Meter

Petugas Damkar harus ekstra hati-hati selama proses evakuasi. Selain ukuran ular yang besar, ular piton tersebut juga membelit kayu yang ada di atap dapur, membuatnya semakin sulit untuk dilepaskan.

Para petugas menggunakan berbagai peralatan khusus dan teknik profesional untuk mengatasi situasi ini, dengan fokus utama pada keselamatan. Baik bagi ular tersebut maupun bagi mereka sendiri.

“Evakuasi dilakukan dengan hati-hati dengan cara yang aman dan efektif, tanpa melukai ular ini,” ujarnya.

Setelah berjuang melepaskan kuatnya lilitan ular pada pondasi atap kayu, hampir setengah jam petugas akhirnya berhasil menurunkan ular piton dari atap kandang. Ular tersebut kemudian dibawa ke kantor Damkar Kota Tanjungbalai untuk ditangani lebih lanjut sebelum akhirnya dilepas liarkan. (perdana/hm20)

Related Articles

Latest Articles