22.1 C
New York
Thursday, July 4, 2024

Jari Nyaris Putus Terjebak Cincin, Damkar Asahan Tolong ODGJ

Asahan, MISTAR.ID

Jari tangan pria dengan gangguan jiwa (ODGJ) nyaris putus akibat terjebak cincin dan gelang plastik. Berkat bantuan cepat dari unit pemadam kebakaran (Damkar) Satpol PP Pemkab Asahan, cincin dan gelang tersebut berhasil dilepaskan.

Proses melepaskan cincin ini memakan waktu sekitar satu jam di markas Damkar setempat pada Senin (1/7/24). Petugas menggunakan alat gerinda untuk memotong cincin dan gelang yang melilit jari pria tersebut.

“Pria ini dibawa ke sini oleh seorang warga yang prihatin melihat kondisinya. Jarinya terjebak cincin plastik dan ada gelang di tangannya, membuat tangannya bengkak,” kata Turimen, petugas Damkar saat dikonfirmasi Selasa (2/7/24).

Baca juga: Viral! Perawat Remehkan Pasien ODGJ, Ombudsman Investigasi RS Sri Ratu Medan

Awalnya, petugas Damkar kesulitan merayu dan menenangkan pria tersebut yang namanya tidak diketahui. Namun, setelah diberi pendekatan dan makanan, pria itu akhirnya setuju untuk dibantu.

“Proses pemotongan menggunakan alat gerinda khusus, dengan posisi pria tersebut dipegang beberapa orang agar tidak berontak dan tidak cedera,” tambah Turimen.

Setelah cincin dan gelang berhasil dipotong, petugas Damkar memberikan perawatan lebih lanjut kepada pria tersebut. Ia dimandikan, diberi makan, dan diberi pakaian yang layak.

Baca juga: Lempar Etalase Penjual Jus, Pria ODGJ di Indrapura Diamankan Polisi

“Kami berhasil melepaskan cincin dan gelang tanpa mencederai pria tersebut. Setelah itu, kami juga memotong rambutnya dan memandikannya,” ungkap Turimen.

Selesai misi tersebut, satuan Damkar Satpol PP Pemkab Asahan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan perawatan sementara kepada pria tersebut.

Dengan tindakan cepat dan koordinasi yang baik, Damkar dan pihak terkait berhasil menyelamatkan pria tersebut dari kondisi yang berpotensi membahayakan. (perdana/hm17)

Related Articles

Latest Articles