14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Alat Berat Dikerahkan, Pencarian Korban Hilang Bencana Alam di Humbahas Tetap Berlanjut

Humbahas, MISTAR.ID

Hujan deras menyebabkan musibah tanah longsor dan material batu terbawa arus banjir di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), pada Jumat (1/12/23) malam.

Akibat bencana alam itu, sebanyak 12 unit rumah warga tertimbun material bebatuan dan tanah. Hingga saat ini, Sabtu (2/12/23), material batu besar dan lumpur masih menimpa badan jalan maupun rumah warga di lokasi kejadian diperkirakan sepanjang 300 meter.

Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto melalui Staf Humas, Brigadir Delmar Sitompul menyampaikan, usai menerima informasi masyarakat, personel diperintahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban yang terdampak.

Baca juga:Banjir Bandang di Humbahas Akibatkan 12 Orang Dinyatakan Hilang, Satu Orang Ditemukan Tewas

“Jumlah korban yang dievakuasi oleh personel Polres Humbahas ke kantor Camat Bakti Raja sebanyak 80 orang,” ucapnya, pada Sabtu (2/12/23) sore.

Sementara itu, Kapolres melakukan koordinasi bersama Dandim 0210/TU, Letkol Inf Saiful Rizal dan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor telah menurunkan 5 unit alat berat untuk membersihkan material batu dan tanah longsor.

“Hingga saat ini alat excavator milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu personel Polres, Koramil Dolok Sanggul, Tim Basarnas, Damkar dan Satpol PP melakukan pembersihan untuk membuka akses jalan. Ini sekaligus melakukan pencarian terhadap 11 orang warga yang belum ditemukan,” sebut Delmar.

Baca juga : Bupati Imbau Warga Waspada Terjadinya Longsor Susulan di Baktiraja Humbahas

Dari hasil monitoring, bangunan yang tertimbun tanah longsor terdiri dari 12 unit rumah warga, SD Negeri 173353 dan Asrama/Mess Hotel Senior.

“12 orang dinyatakan hilang, 1 di antaranya telah ditemukan dan dievakuasi ke Puskesmas Baktiraja dengan menggunakan ambulance RSUD Dolok Sanggul,” terang Delmar.

Dia menambahkan, berbagai pihak saling bahu membahu dalam menolong warga yang tertimpa bencana alam tersebut.

Baca juga : Tanah dan Batu Besar Longsor Timbun Rumah Warga Humbahas, 12 Orang Dinyatakan Hilang

“Kita imbau  pada warga masyarakat yang bermukim di kawasan itu tetap waspada dan berhati-hati. Saat ini personel Polres Humbahas bersama masyarakat sedang melakukan pencarian terhadap para korban hilang dan menyisir di tepi Danau Toba,” tutupnya. (hotman/hm16)

Related Articles

Latest Articles