21.4 C
New York
Saturday, May 18, 2024

371 Peserta Ikuti MTQ Pelajar ke-2 Tingkat Kabupaten Asahan

Kisaran, MISTAR.ID

Sebanyak 371 peserta dari berbagai sekolah ikut serta dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke-2 Tingkat Kabupaten Asahan, yang akan berlangsung selama empat hari, mulai 16 hingga 19 Oktober 2023, di Aula Gedung Tahfidz Masjid Agung Achmad Bakrie, Kisaran.

MTQ Pelajar Tingkat Asahan dibuka oleh Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, didampingi perwakilan MUI, Kementerian Agama (Kemenag) dan dewan hakim, Senin (16/10/23).

Muhammad Nasib, mewakili Kemenag Asahan, melaporkan bahwa kegiatan MTQ Pelajar ke-2 ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an.

Ia juga menjelaskan bahwa para peserta berasal dari berbagai sekolah di Kecamatan di wilayah Kabupaten Asahan.

Baca Juga: Pemkab Asahan Ikut Kokohkan Ketahanan Pangan di Hari Pangan Sedunia

Dari jumlah tersebut, akan mengikuti 4 cabang musabaqah, yaitu cabang Tilawatil Qur’an yang terdiri dari 109 peserta putra dan putri, dengan pembagian ke dalam 3 golongan, yakni SD sebanyak 38 orang, SMP sebanyak 39 orang dan SLTA sebanyak 32 orang.

Selanjutnya, cabang Hifzhil Qur’an diikuti 100 peserta putra dan putri, terbagi dalam 5 golongan, mulai dari 1 juz dengan 32 peserta, 5 juz dengan 29 peserta, 10 juz dengan 26 peserta, 20 juz dengan 10 peserta dan 30 juz dengan 3 peserta.

Cabang Fahmil Qur’an diikuti 22 kelompok putra dan putri, sedangkan cabang Syarhil Qur’an diikuti 32 kelompok putra dan putri.

Baca Juga: Hadapi Pemilu, Kapolres Tegaskan Keamanan Kota Pematang Siantar Tanggungjawab Bersama

Wabup Taufik Zainal Abidin berharap, MTQ ini tidak hanya menjadi sebuah kompetisi semata, tetapi bisa menjadi momentum untuk meningkatkan inspirasi dan semangat dalam menjalankan pembangunan.

“Kami berharap bahwa penyelenggaraan MTQ antar pelajar Ke-II Kabupaten Asahan tahun 2023 ini dapat memotivasi semangat masyarakat serta para penggiat Al Qur’an untuk terus meningkatkan kualitas, mengasah kemampuan dan bekerja keras dalam membimbing generasi muda, sehingga semangat Qurani tidak pernah padam,” katanya. (Perdana/hm22)

Related Articles

Latest Articles