21 C
New York
Friday, May 3, 2024

253.500 Dosis Vaksin Covid-19 Dikirim ke Sumut

Medan, MISTAR.ID

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendapat penambahan vaksin Covid-19 sebanyak 253.500 dosis dari pemerintah pusat melalui Bandara Kualanamu.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah mengatakan, dari jumlah itu sebanyak 70.000 dosis merupakan vaksin Moderna yang telah tiba terlebih dahulu, Kamis (29/7/21) malam. Sedangkan sisanya sebanyak 183.500 dosis merupakan vaksin jenis Sinovac akan menyusul (30/7/21).

“Iya, kita telah menerima penambahan vaksin Covid-19, termasuk untuk vaksin jenis Moderna yang sudah tiba, sedangkan vaksin Sinovac akan menyusul,” ungkapnya, Jumat (30/7/21).

Aris menjelaskan, untuk vaksin moderna tersebut, rencananya bakal ditujukan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai penyuntikan dosis ketiga. Namun, dia mengaku, bila dibandingkan dengan jumlah nakes yang terdaftar sekitar 79.000, vaksin tersebut masih kurang.

Baca juga: 70 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Nakes Tiba di Sumut

“Jadi memang sementara diprioritaskan kepada nakes dulu, terutama yang menangani Covid-19,” jelasnya. Aris menuturkan, pemberian vaksin dosis ketiga kepada nakes ini dianggap lebih efektif untuk meningkatkan antibodi. Penyuntikan juga, sambung dia akan secepatnya dilakukan.

“Distribusi juga akan segera dilakukan. Hanya saja untuk vaksin moderna ini penyimpanannya berbeda dengan Sinovac dan harus berada dalam suhu minus 20 derajat celcius,” terangnya.

Oleh karena itu, Aris menyebutkan, bagi kabupaten/kota yang fasilitas penyimpanannya belum tersedia dengan baik, maka vaksin Moderna tersebut belum dapat didistribusikan. “Tapi untuk sementara distribusi vaksin moderna ini akan kita utamakan kepada kabupaten/kota yang berzona merah,” pungkasnya. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles