18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Tindakan Tangani Hoaks Pemilu, Ilyas Sitorus: Blokir dan Monitoring Isu

“Tim itulah nanti yang akan melapor ke saya apa perkembangan isu terbaru tiap hari, kalau ada pemberitaan negatif agar bisa segera kita sikapi, termasuk kalau ada hoaks,” imbuhnya.

Pengamat Politik, Arifin Saleh mengatakan berdasarkan temuan Kementerian Komunikasi dan Informatika ada 2.882 sebaran konten hoaks. Mirisnya, konten hoaks meningkat sepuluh kali lipat selama masa kampanye Pemilu 2024.

Arifin mengatakan ada berbagai dampak hoaks pada Pemilu. Mulai dari mengaburkan realitas, membingungkan masyarakat, membodohi masyarakat, menghancurkan generasi muda, memicu konflik sosial, salah pilih anggota dewan, dan salah pilih presiden.

Baca juga : Waspadai Hoaks di Pemilu 2024, Literasi Media Kunci Penting

Untuk itu, katanya, ada beberapa cara melawan dan menghindari hoaks. Di antaranya tidak langsung menyebarkan informasi yang diterima, memeriksa kebenaran informasi dengan memeriksa sumber informasi resmi, dan mempelajari lebih dulu apakah informasi tersebut bermanfaat jika disebarkan.

“Semua pihak, media, instansi pemerintahan, ormas, LSM harus turun tangan mendorong pendidikan digital, pemerintah harus melibatkan wartawan dan pengelola media dalam pendidikan politik pada masyarakat,” pungkas Dekan FISIP UMSU ini. (hutajulu/hm18)

Related Articles

Latest Articles