8.9 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Survei di Pulau Jawa, Prabowo-Gibran Posisi Teratas  

Jakarta, MISTAR.ID

Hasil survei tingkat keterpilihan pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pulau Jawa diungkapkan Lembaga dan Analisa Kebijakan Publik (Lanskap).

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati tempat teratas dengan angka 40 persen.

Sesuai jajak pendapat Lanskap, Prabowo-Gibran unggul atas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Baca juga:Golkar Simalungun Targetkan Pasangan Prabowo-Gibran Unggul di Tanah Habonaron Do Bona

“Di posisi teratas merupakan pasangan Prabowo-Gibran dengan raihan 40,0 persen. Posisi kedua Ganjar-Mahfud dengan mendapat 34,3 persen dan Anies-Muhaimin meraih 20,0 persen,” sebut Direktur Eksekutif Lanskap, Mochammad Thoha, pada Rabu (8/11/23).

Thoha menuturkan, ada sejumlah penyebab terkait tingginya elektabilitas yakni Prabowo dianggap sebagai sosok yang mengajak generasi muda untuk berkolaborasi membangun negara. Performa Prabowo juga dinilai sebagai daya tarik elektoral.

“Dianggap menjadi tokoh yang representatif konsolidasi Prabowo-Jokowi. Arus pendukung Jokowi yang setia dan lintas partai bakal semakin deras mengalir ke pasangan ini. Ada pengakuan dan keputusan Prabowo bagi generasi muda untuk ikut serta terlibat berkolaborasi dalam membangun negara bangsa melalui politik atau alih generasi,” ujarnya.

Baca juga:Survei Charta Politika Indonesia, Elektabilitas Prabowo-Gibran Teratas dari 2 Pasangan Lain

Dia membeberkan, Prabowo-Gibran mendominasi di Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebesar 50,7% dan Jawa Timur (Jatim) 40,4%.

Sementara Anies-Cak Imin dominan di Jakarta dengan dukungan sebesar 34,1%. Sedangkan Ganjar-Mahfud teratas di Jawa Tengah (Jateng) dengan 58,1%.

Prabowo-Gibran sukses mendapat dukungan sebesar 30,1%. Probabilitas angka elektabilitas ini akan terus meningkat di Jateng.

Menurut Thoha, pasangan Prabowo-Gibran juga paling berpeluang menerima suara dari Gen Z, Gen Y (millenial), Gen X dan Baby Boomers.

Baca juga:Hasil Survei, Prabowo-Gibran Unggul di Jakarta, Gerindra Memiliki Cara Raih Suara  

“Seperti kita dapati kelompok umur Gen Z dan Gen Y mendominasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024,” katanya.

Selain itu, faktor Gibran menjadi bagian dari generasi Y dan unsur Prabowo  juga sebagai magnet politik untuk generasi muda. Pasalnyam Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu kini ia jauh lebih terbuka, ramah, sopan santun, merangkul dan lebih bijaksana dibandingkan masa lalu. (cnbc/dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles