17.4 C
New York
Saturday, May 18, 2024

PDIP Optimis Putra Sulung Jokowi akan Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Diyakini Wali Kota Surakarta juga putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka bakal mendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Keyakinan itu diutarakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan., Hasto Kristiyanto. Statement itu menampik rumor kedekatan Jokowi dengan Prabowo Subianto. Juga isu menyatakan nama Gibran masuk bursa Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra tersebut.

“Pastinya, kami meyakini itu seluruhanya (Gibran mendukung Ganjar dan PDI Perjuangan),” sebut Hasto di sela-sela acara rapat kerja nasional (rakernas) ke IV partai nomor urut 3 itu, pada Jumat (29/9/23).

Baca juga: Prabowo Bocorkan 2 Nama Mengerucut Mendampingi di Pilpres 2024

Mantan Anggota DPR RI ini beranggapan, dukungan Gibran kepada eks Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut sangat beralasan. Menurut Hasto, Ganjar mempunyai rekam jejak yang jelas menjadi calon pemimpin. Termasuk berasal dari keluarga yang jelas dan tak mempunyai beban masa lalu.

Hasto menuturkan, pernyataan Jokowi dalam pidato rakernas juga memiliki artimendalam. Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta Ganjar secepatnya menyiapkan konsep agar langsung bergerak apabila terpilih menjadi Presiden.

“Artinya kedaulatan pangan yang disampaikan sebagai komitmen PDI Perjuangan dan Pak Ganjar itu diamini Pak Jokowi agar bergerak dengan cepat,” kata Hasto.

Baca juga: Relawan Projo Disinyalir Terpecah, ada Pro Ganjar dan Prabowo

Riak-riak dukungan keluarga Jokowi ke Prabowo menguat usai putra bungsunya Kaesang Pangarep saat ini menjabat Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI dalam sejumlah waktu terakhir terus menunjukkan kedekatannya dengan Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut.

Sedangkan Gibran digadang-gadang kandidat pendamping Prabowo terfavorit. Namun peluangnya sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) baka ditentukan dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas umur, maupun kesepakatan pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju.

Sementara Partai Gerindra juga menghormati Gibran yang kini masih berstatus kader PDI Perjuangan. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles