17.9 C
New York
Wednesday, June 12, 2024

Nasdem Simalungun Berharap Pemilih Pemula Cerdas Tentukan Pilihan

Simalungun, MISTAR.ID

Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasdem Simalungun Bernhard Damanik mengharapkan pemilih pemula cerdas dalam menentukan pilihan pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

“Pemilih pemula pasti akan lebih cerdas menentukan pilihan karena sudah melek pendidikan, sehingga mereka lebih tahu kira-kira mana calon yang pas untuk dipilih,” ujarnya, Kamis (26/10/23).

Namun demikian, ia juga mengakui bahwa ada sebagian orangtua yang mengarahkan anaknya untuk memilih calon tertentu. Maka dari itu diharapkan pemilih pemula lebih cerdas menentukan pilihan.

“Sehingga ke depan, anggota-anggota dewan bisa lebih baik dalam bertugas,” imbuhnya.

Baca Juga: Pengamanan Pilkada 2024 Dapat Hibah Rp7,2 Miliar, Pemko Siantar Tuai Kritikan

Lebih lanjut diungkapkan Bernhard, pada kontestasi pemilihan umum legislatif (pileg) mendatang, pihaknya menargetkan 9 kursi. Saat ini, Partai Nasdem menguasai 5 kursi di DPRD Simalungun.

“Kita berharap ke depannya Nasdem bisa menjadi unsur pimpinan di DPRD Simalungun. Namun seperti kejadian di tahun-tahun sebelumnya bahwa anggota yang duduk kembali mininum setengah dari jumlah yang duduk saat ini,” tuturnya.

Kendati demikian, dia mengatakan untuk saat ini, bakal calon legislatif (bacaleg) muda dari partainya belum ada mengajak para kaum muda.

“Sehingga kita sebenarnya berharap para kader-kader muda bisa meraup suara kaum pemuda. Tetapi kita melihat saat ini bahwa mereka tidak memiliki misi yang jelas, untuk apa dia sebagai anggota dewan,” pungkas Politisi Partai Nasdem ini.

Dia juga mengungkapkan seharusnya calon-calon anggota DPRD banyak berinteraksi dengan masyarakat untuk menyampaikan visi-misi nya sebagai wakil rakyat.

Baca Juga: Kemenkominfo Susun Aturan Baru untuk Atasi Konten Negatif

“Karena ada teman-teman ini yang hanya hoga-hogaan (ingin tampil) saja, hanya ingin duduk di DPRD dengan cara mengeluarkan begitu banyak uang. Jadi kita merasa kasihan dan prihatin atas hal itu. Kita juga berharap jadilah anggota dewan yang benar-benar menjadi seorang anggota dewan (mewakili rakyat-red),” ungkapnya.

Bernhard menambahkan, bahwa Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Simalungun menjadi lumbung suara partai dengan tagline Restorasi itu. Namun dia juga berharap ada peningkatan di dapil lainnya sehingga Partai Nasdem dapat menjadi salah satu unsur pimpinan di DPRD Simalungun.

“Pada pileg 2019 lalu kita mendapat dua kursi dari situ, tetapi pada tahun depan kita juga berharap dapil, 2, 5 dan 6 bisa memperoleh jumlah kursi yang sama,” tandasnya. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles