31.5 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Mochammad Afifuddin Ditetapkan Jadi Ketua KPU Definitif

August menyebut dengan penetapan tersebut, maka Afifuddin resmi menjabat sebagai ketua yang sah hingga akhir masa jabatan keanggotaan Komisi Pemilihan Umum periode 2022-2027.

“Dengan demikian posisi definitif dari ketua KPU pak Mochammad Afifuddin akan menjalankan tugasnya sampai dengan sisa akhir masa jabatan keanggotaan komisi pemilihan umum periode 2022-2027,” terangnya.

Sebelumnya, Hasyim Asy’ari resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua sekaligus anggota KPU buntut pelanggaran kode etik terkait kasus asusila terhadap anggota PPLN Den Hag berinisial CAT.

Baca juga : Ketua KPU RI Hasyim Asyári Dipecat, Pilkada 2024 Tetap Berjalan

Pemberhentian tidak dengan hormat itu ditandai dengan keputusan presiden yang menyatakan Hasyim diberhentikan secara tidak hormat. Keppres dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini.

“Presiden telah menandatangani Keppres No. 73 P tanggal 9 Juli 2024 tentang pemberhentian dengan tidak hormat saudara Hasyim Asy’ari sebagai Anggota KPU masa jabatan tahun 2022-2027,” bunyinya melalui Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Rabu (10/7/24). (cnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles