15.1 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

KPU Percayakan Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Sebagai Moderator Debat Cawapres

Jakarta, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan nama-nama moderator hingga tim panelis untuk debat kedua calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan berlangsung Jumat (22/12/23) mendatang.

Usai rapat koordinasi dengan ketiga tim sukses capres-cawapres (timses), KPU percayakan Alfito Deannova Ginting dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat cawapres.

Diketahui, Alfito sudah sering menjadi moderator debat sejak Pilgub DKI Jakarta 2017 hingga Pilpres 2019. Pria lulusan jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini sempat menjadi Akuntan, sebelum mengawali karier jurnalistiknya saat bergabung dengan SCTV di tahun 2000.

Baca juga : Sejak Debat Cawapres 22 Desember, KPU Menyediakan Podium

Selama menjadi wartawan, ia meliput berbagai berita di bidang kriminal, budaya, dan politik hingga akhirnya kariernya menanjak menjadi presenter. Setelah dari SCTV, Alfito sempat pindah ke beberapa media lain, seperti tvOne, CNN Indonesia, dan Liputan 6.

Sedangkan, Liviana adalah presenter dari KompasTV. Lulusan Universitas Al Azhar Indonesia program studi Jurnalisme Broadcasting tahun 2007 ini merupakan istri perwira TNI, Kolonel Daru Cahyadi Soeprapto.

Baca juga : KPU Buka Opsi Tayangan Streaming untuk Debat Capres-Cawapres

Awalnya, Liviana sempat mengikuti ajang Miss Indonesia 2009 mewakili Provinsi Maluku Utara sebelum mengawali kariernya di dunia media pada tahun 2012. Kini, Liviana memegang sejumlah program televisi seperti Sapa Malam, Dua Arah, dan Livi On Point.

Selain kedua moderator itu, KPU RI juga telah menetapkan 11 nama panelis di debat cawapres yakni Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2015-2023), Fauzan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Undonesia),

Hyronimus Rowa (Wakil Rektor bidang Akademik dan Inovasi IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta), Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS). (kumparan/hm18)

Related Articles

Latest Articles