20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Jokowi Tak Diundang di HUT PDIP, Megawati Sapa Ma’ruf Amin

Jakarta, MISTAR.ID

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDI Perjuangan, pada Rabu (10/1/24) dibuka oleh Ketua Umum (Ketum), Megawati Soekarnoputri dengan menyampaikan pidato pembukaan.

Pasca mengucapkan salam, Megawati langsung menyapa Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin. Sementara diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak diundang dalam HUT partai nomor urut 3 tersebut.

“Yang terhormat, Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak Profesor Doktor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” sebutnya disambut aplaus kader partai yang hadir di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Baca juga:HUT PDIP Tanpa Jokowi, Undangan Dibatasi Sesuai Usia

Mantan Presiden Indonesia ke ke 5 itu memberi istirahat sejenak, lalu melanjutkan sapaannya ke eks Ketum Majelis Ulama (MUI) itu sembari tersenyum.

“Yang bersedia hadir,” kata Megawati yang direspons anggukan dan senyuman Ma’ruf yang duduk di kursi undangan barisan depan. Para kader PDI Perjuangan juga terlihat tersenyum dan kembali bertepuk tangan.

Megawati kemudian menyapa kader PDI Perjuangan yang juga Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Mahfud MD, yang hadir secara daring.

Baca juga:HUT PDIP 10 Januari, Jokowi Akui Belum Dapat Undangan

Lalu ibu dari Puan Maharani itu menyapa Pelaksana Tugas (Plt) Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhamad Mardiono, Ketum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo sampai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura, Benny Rhamdani.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Jokowi juga turut disapa. Seperti Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas.

Megawati menekankan, jika para menteri ini, termasuk yang bukan kader PDI Perjuangan, meminta untuk diundang di acara HUT tersebut.

Baca juga:Pidato Megawati di HUT PDIP, Ancam Bakal Pecat Kader

Politikus PDI Perjuangan, Chico Hakim menyebutkan, partainya sengaja tak mengundang Presiden, kendati adalah kader partai banteng.

Bertepatan dengan HUT PDI Perjuangan, Jokowi melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Filipina. Eks Gubernur DKI Jakarta itu diagendakan bersua Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr.

Chico menuturkan, partainya menghormati agenda Jokowi tersebut, dimana sudah mengetahui jadwal atau agenda kunjungan kenegaraan Jokowi ke luar negeri, sebelum mengungkapkan adanya peringatan HUT partai. (kcm/mistar)

Related Articles

Latest Articles