15.6 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Jokowi Panggil Zulhas ke Istana Bahas Pilpres 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Ketua Umum PAN yang juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) bertemu empat mata di istana membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Zulhas datang bersama menteri-menteri lain yang ikut dalam rapat terbatas (ratas) tentang lumbung pangan (food estate). Namun, Zulhas baru keluar sekitar 11.15 WIB, saat menteri-menteri lainnya sudah lama meninggalkan istana.

Zulhas mengatakan, urusan politik yang dibahas bersama Jokowi seputar persiapan menjelang pendaftaran Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres). Ada pula pembahasan lain soal wilayah kerja Kementerian Perdagangan (Kemendag).

“Yang ketiga mengenai urusan politik. Ini kan sudah dekat, tanggal 19-25 (Oktober) kan kita harus daftar,” ujar Zulhas setelah bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/10/23).

Zulhas menegaskan bahwa dirinya adalah pembantu presiden. Oleh karena itu, ia selalu melaporkan hal-hal yang ia lakukan ke Jokowi, termasuk rencana politik PAN. Dia berkata pertemuan dengan Jokowi hanya sebatas melapor. Menurutnya, tidak ada arahan khusus dari Jokowi terkait manuver politik PAN ke depan.

Baca Juga : PDIP Tutup Pintu Kemungkinan Duet Prabowo – Ganjar di Pilpres 2024

Zulhas tak mengaku apakah pertemuan dengan Jokowi membahas nama Gibran Rakabuming Raka yang masuk dalam bursa cawapres Prabowo Subianto atau tidak. Dia hanya memuji prestasi Gibran.

“Gibran kan keren, wali kota sukses, apa-apa sukses, tetapi saya usulkan Pak Erick (sebagai cawapres Prabowo) kan,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini PAN sudah bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto. Mereka berkoalisi dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, PBB, dan Partai Gelora. Sejak awal, PAN membawa nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai cawapres. Namun, koalisi Prabowo belum menentukan nama Cawapres hingga saat ini. (cnn/hm24)

Related Articles

Latest Articles