17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

H-7 Pemilu, Sosialisasi Terakhir Terkait Sirekap Digelar KPU Dairi

Dairi, MISTAR.ID

Tujuh hari atau H-7 Pemilu, KPU Dairi menggelar sosialisasi  terkait Sistem Informasi Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) di One’s Hotel Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi pada Rabu(7/2/24)

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Dairi, Asih Firmansyah Solin dan dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan sosialisasi terakhir untuk Sirekap.

Adapun sosialisasi ini membahas proses pemungutan penghitungan surat suara yang sesuai dengan PKPU nomor 25 Tahun 2023, menyangkut bagaimana jadwal kehadiran, syarat-syarat  yang dibawa pada hari H.

“Khususnya kepada partai politik untuk segala persiapan pemilu di tanggal 14 Februari 2024 ini ”  tutur Asih  Firmansyah .

Dijelaskan pada Pemilu 2024 ada hal baru yaitu alat bantu aplikasi Sirekap. Di mana aplikasi tersebut belum pernah digunakan di Kabupaten Dairi.

Baca juga: KPU Dairi Gelar Simulasi Pemilu di Kecamatan Sumbul

“(Aplikasi) Sirekap ini setelah dilakukan pemotretan dari HP (ponsel) ke aplikasi Sirekap Mobile, hasilnya akan dibagikan kepada saksi, pengawas, maupun tingkatan ke atas baik PPS, PPK, sampai ke KPU RI, ” katanya.

Selain itu, metode baru dalam Pemilu 2024 nanti bisa digandakan dengan menggunakan alat pengganda seperti mesin fotokopi.

“Untuk hasil C  hasil Salinan, kalau dulu Pemilu 2019 namanya C1 Hologram, itu sebelum ditandatangani bisa di gandakan dengan menggunakan alat penggandaan contohnya fotokopi, kemudian ditandatangani basah, lalu diberikan kepada saksi atau kepada pihak – pihak terkait seperti saksi dan pengawas,” sambungnya

Terkait sosialisasi Sirekap, kata Asih, KPU Dairi sudah menggelar di seluruh daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Dairi dengan melibatkan semua pihak terkait, partai politik, PPS dan PPK.

“Dan ini acara sosialisasi terakhir terkait Sirekap oleh KPU Dairi ,menjelang H-7 pemilu,” tutupnya. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles