10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

Ganjar Pranowo Tetap Yakin Mendominasi di Jateng Meski Gibran Jadi Cawapres

Jakarta, MISTAR.ID

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tetap yakin jika PDIP tetap bisa mendominasi di provinsi Jawa Tengah (Jateng), meski Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Insya Allah yakin banget kalau soal itu,” kata Ganjar singkat saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (23/10/24).

Alasan Ganjar yakin mendominasi di Jateng karena wilayah tersebut merupakan basis politiknya. Selain kekuatan dari PDIP dan partai koalisi, Ganjar juga percaya pada dukungan tinggi dari para relawan yang berharap dia menjadi presiden RI periode 2024-2029.

“Semangat para relawan semakin tinggi, dan ini menjadi dorongan positif,” tambahnya.

Baca juga: Tim Pemenangan Nasional Ganjar Angkat Bicara Terkait Surat Pengunduran Gibran

Sebelumnya, Denny Januar Ali, Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), mengemukakan bahwa keputusan Gibran untuk maju sebagai calon wakil presiden adalah hasil dari perhitungan elektoral yang cermat. Jawa Tengah memiliki populasi yang signifikan dalam Pilpres 2024, sehingga menjadi sasaran perjuangan.

Denny menjelaskan bahwa Jawa Tengah memiliki populasi yang besar, dan Ganjar memiliki dukungan yang signifikan di provinsi tersebut. Selain itu, survei LSI bulan September 2023 menunjukkan bahwa sekitar 48,5 persen pemilih berasal dari segmen milenial.

“Jika Gibran menjadi calon wakil presiden, dia memiliki potensi untuk memperoleh dukungan dari pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi meskipun Jokowi tidak secara eksplisit mendukung calon tertentu,” jelas Denny di lain kesempatan. (berbagai sumber/hm20)

Related Articles

Latest Articles