17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Cek Sejumlah Perbedaan Debat Capres dan Cawapres

Jakarta, MISTAR.ID

Debat perdana calon wakil presiden (cawapres) akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Jumat (22/12/23) malam ini.

Ini merupakan debat kedua yang dilaksanakan KPU, setelah debat perdana calon presiden (capres) berlangsung pada 12 Desember 2023 lalu. Ada sejumlah hal yang memperbedakan debat perdana capres dan cawapres.

Tema debat

Baca juga:Jelang Debat Cawapres, Pengamat Bilang Penting Makroekonomi Konstitusi Dibahas

Sawala perdana capres mengangkat isu sekitar pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Sedangkan debat yang akan diikuti Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD menyangkut isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Tempat

Baca juga:KPU Percayakan Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa Sebagai Moderator Debat Cawapres

Debat perdana capres dilangsungkan di halaman kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat yang luasnya terbatas. Sementara debat perdana cawapres digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Jumlah tamu undangan dari setiap tim pasangan calon (paslon) tetap sama, yakni maksimum 75 orang.

Podium dan alat bantu

Tidak seperti debat perdana capres, lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) ini bakal melengkapi panggung dengan podium pada debat perdana cawapres.

Baca juga:Prediksi Debat Cawapres, Pengamat: Jokowi Akan Terus Disebut

Setiap cawapres mendapatkan 1 podium. KPU juga memperbolehkan membawa alat bantu berupa kertas dan bolpoin untuk mencatat. Sebelumnya, pada debat perdana capres, masing-masing calon adu gagasan tanpa alat bantu

Gibran memulai debat

KPU menyatakan, debat perdana cawapres akan dimulai dengan pemaparan visi misi Gibran menjadi cawapres nomor urut 2. Sebelumnya, dalam debat perdana capres, giliran pertama pemaparan visi misi untuk capres nomor urut 1, Anies Baswedan. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles