16.9 C
New York
Monday, June 10, 2024

Bawaslu Langkat Minta Jajarannya Jaga Kode Etik Pengawas Pemilu

Langkat, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara meminta seluruh jajarannya agar menjaga kode etik sebagai pengawas pemilihan umum (pemilu).

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Langkat Supriadi pada apel siaga pengawasan tahapan kampanye, di halaman Gedung Majelis Adat Budaya Melayu (Mabmi) Kabupaten Langkat, Selasa (5/12/23).

Supriadi mengatakan, apel siaga pengawasan tahapan kampanye dan deklarasi pemilu damai itu dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajaran Panwaslu Kecamatan sampai ke Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).

“Untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil dan damai diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh komponen bangsa. Kami juga menggelar deklarasi Pemilu Damai tahun 2024,” katanya.

Baca Juga: Masa Kampanye, Caleg Hingga Vendor Percetakan Mulai Datangi Pegadaian

Lebih lanjut disampaikan Supriadi, Pemilu seharusnya menjadi sarana integritas bangsa dan bukan sebaliknya, Pemilu tidak boleh menjadi instrumen konflik, tetapi Pemilu harus menjadi alat perekat, pemersatu menjadi sarana penegakkan keadilan Pemilu.

Kode etik pengawas pemilu adalah suatu kesatuan asas moral, etika dan filosopi yang menjadi pedoman prilaku bagi pengawas Pemilu khususnya jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Langkat.

“Saya meminta kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Langkat agar tetap menjaga kode etik pengawas Pemilu. Kita sebagai pengawas Pemilu berkewajiban menolak segala bentuk prilaku yang dapat merusak integritas kita selaku pengawas Pemilu,” jelasnya.

Kita juga tetap memegang teguh integritas dan mengawal demokrasi Indonesia yang berada di Kabupaten Langkat.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Ahli, Pembunuhan Monang Samosir Ada Unsur Pembelaan Diri

“Harapan saya koordinasi dan sinergitas multi pihak senantiasa bisa berjalan dengan baik, dan soliditas sesama penyelenggara semakin kuat terbangun menuju Pemilu 2024 yang berintegritas dan bermartabat,” pungkas Supriadi.

Apel siaga pengawasan diakhiri dengan deklarasi Pemilu damai dibacakan oleh perwakilan partai politik peserta Pemilu. (Endang/hm22)

Peserta Apel Siaga Bawaslu Langkat Tandatangani Deklarasi pemilu Damai (Endang)

Related Articles

Latest Articles