17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Penerimaan Anggota Polri 2023 Dipastikan Tanpa Bayaran dan Terbuka

Jakarta, MISTAR.ID

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membuka penerimaan anggota Polri tahun 2023.

Korps Bhayangkara itu memastikan seleksi rekrutmen dilakukan tanpa pungutan biaya dan transparan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan seperti dilansir, Rabu (26/7/23) menuturkan, proses rekrutmen dilakukan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (betah).

Baca juga: Polri Tegaskan Belum ada Regulasi Memadai Antisipasi Pengeboran Minyak Bumi Ilegal

“Polri mengutamakan sistem digitalisasi untuk setiap tahapan proses penerimaan personel baru. Ini mulai dari pendaftaran hingga tahapan seleksi masuk calon anggota Polri tingkat Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Bintara dan Tamtama,” katanya.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, ini bentuk transparansi Polri dalam pelaksanaan rekrutmen anggota di masa presisi. Menurutnya, Polri melibatkan pengawas eksternal, salah satunya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk mengawasi proses dan tahapan seleksi rekrutmen.

Polri dan Kompolnas juga mengikutsertakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Psikologi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Baca juga: Mantan Ketua Pansus DPRD Siantar Angkat Bicara Soal Pengaduan ke Bareskrim Polri

Dalam penerimaan Taruna Akpol tahun ini diketahui animo masyarakat cukup besar. Tercatat sebanyak 12.168 orang mendaftar dan yang lulus ada 302 orang.(mi/hm16)

Related Articles

Latest Articles