18.8 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Pemerintah Beri Penghargaan UHC Awards ke 493 Kepala Daerah

Ghufron juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, BPJS Kesehatan telah menggelontorkan Rp 34,7 triliun untuk membayar pelayanan kesehatan 29,7 juta kasus penyakit berbiaya katastropik.

“Penting untuk deteksi dini dalam rangka mengendalikan angka penderita penyakit berbiaya katastropik. Lebih cepat diketahui, lebih cepat penanganannya,” ujarnya lagi.

Ghufron juga menjelaskan berbagai inovasi yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan, seperti Aplikasi Mobile JKN, yang memudahkan peserta dalam mengakses layanan administrasi dan fasilitas kesehatan.

Baca juga:BPJS Kesehatan Kisaran Apresiasi Predikat UHC Diraih Kabupaten Batu Bara

“Aplikasi Mobile JKN menyediakan berbagai fitur dalam mempermudah layanan administrasi JKN, seperti pendaftaran bagi peserta mandiri, perubahan FKTP, skrining riwayat kesehatan, konsultasi dengan dokter di FKTP, hingga pencarian fasilitas kesehatan terdekat. Fitur Antrian Online juga memungkinkan peserta untuk mengambil nomor antrian secara praktis, memudahkan akses layanan JKN tanpa harus menunggu lama,” kata Ghufron.

Selain itu, Ghufron menuturkan fitur i-Care JKN, yang memungkinkan peserta JKN dan dokter di faskes mengetahui riwayat kunjungan, obat yang diberikan, hingga tindakan yang pernah dijalani. Dengan demikian, dokter dapat memberikan tindakan yang cepat dan tepat bagi peserta JKN.

“Pada 2014, tercatat 92,3 juta pemanfaatan per tahun, sementara pada tahun 2023 angkanya meningkat menjadi 606,7 juta pemanfaatan, atau sekitar 1,7 juta pemanfaatan layanan setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang percaya dengan Program JKN,” tandas Ghufron.

Baca juga:DPRD Medan Pastikan Program UHC Lanjut di 2024

Kegiatan yang diikuti dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia, termasuk mistar.id secara hybrid itu juga diikuti Kepala BPJS Cabang Pematangsiantar, Kiki Christmar Marbun, Kabid SDM Umum dan Komunikasi, Ilham Lailatul Qodr dan Staf Komunikasi Publik Hakim, melalui daring zoom dan juga disiarkan melalui kanal Youtube milik BPJS Kesehatan.

Ilham mengatakan, capaian jumlah kepesertaan wilayah kantor cabang Pematangsiantar yang menerima penghargaan UHC Awards per 1 Agustus 2024 adalah

“Kabupaten Toba : 99,31% atau sebanyak 215.620 jiwa sudah terdaftar JKN dari total 217.128 jiwa penduduk. Kabupaten Samosir 99,35% atau sebanyak 145.257 jiwa penduduk sudah terdaftar JKN dari total 146.214 jiwa penduduk,” ujarnya. (yetty/hm16)

Related Articles

Latest Articles