20.2 C
New York
Friday, September 20, 2024

Pasti! Kartu Prakerja dan Bantuan Tunai Cair Minggu Ini

Jakarta, MISTAR.ID

Bantuan langsung tunai bisa mulai dicairkan dan dijalankan pada pekan ini. Hal itu dipastikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Kartu prakerja, BLT, semua jalan. Minggu ini jalan, kita harap Minggu depan semua jalan dengan bagus, jadi kalau itu sudah jalan semua nanti kita lihat langkah berikutnya apa,” ujarnya dalam konferensi pers langsung, Selasa (14/4/20).

Ia mengatakan semua hal dilakukan dengan cermat oleh pemerintah, jadi bukan artinya pemerintah lambat. Pemerintah, kata dia, ingin memastikan semua rakyat kecil menerima manfaat safety net ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta secara khusus kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar berbagai macam program bantuan sosial kepada masyarakat bisa dieksekusi pada minggu ini.

Lebih rinci, berikut daftar bantuan yang akan diberikan Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak COVID-19:

Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Kartu Sembako sebelumnya telah menjadi program prioritas pemerintah dalam APBN 2020 sebagai kebijakan untuk pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan bantuan sembako khusus merupakan program jaring pengaman sosial (JPS) baru.

Dalam kondisi saat ini, pemerintah melakukan penyesuaian penerima, besaran dan waktu diterimanya manfaat agar bantuan sosial menjadi tepat guna.

Untuk PKH, diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah besaran manfaatnya naik dari Rp 29,13 triliun menjadi Rp 37,4 triliun. PKH diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan, pendidikan dan asupan nutrisi dengan memanfaatkan pemasukan uang bulanan.

Penyaluran PKH yang sebelumnya 4 kali setahun (Januari, April, Juli, dan Oktober) menjadi setiap bulan yang akan dimulai dari April 2020. Pada bulan April hingga Juni, KPM akan menerima 2 kali penyaluran.

Untuk Kartu Sembako, penerima manfaatnya naik dari 15,2 juta KPM menjadi 20 juta KPM. Jumlah besaran manfaat naik dari Rp 150.000/KPM/bulan (Januari-Februari) menjadi Rp 200.000/KPM/bulan (Maret-Desember).

Kartu Sembako bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan. Sebelumnya, kebutuhan pokok yang dapat diterima hanya terdiri dari komoditas beras dan telur. Saat ini, lebih bervariasi tidak hanya beras tetapi jenis karbohidrat lain, tidak hanya telur untuk protein hewani, tetapi juga protein nabati, sayuran hingga buah.

Pemerintah pun berharap, bantuan sosial ini juga dapat mencukupi kebutuhan pangan dan daya beli masyarakat rentan miskin selama bulan Ramadhan.

Sumber: CNBCIndonesia
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles