15.1 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Pantau Netralitas ASN Dalam Pemilu 2024, Wali Kota Bentuk Timsus di Tangsel

Tangerang Selatan, MISTAR.ID

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie membentuk tim khusus (timsus) untuk memantau netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam Pemilu 2024 nanti.

“Ini dibentuk untuk menjaga netralitas ASN selama tahapan Pemilu 2024 di Tangsel,” jelas Benyamin yang disadur, Rabu (8/11/23).

Ia membeberkan timsus terdiri dari beberapa unsur dinas. Mereka yang dilibatkan adalah Inspektorat; Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas); Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo); Badan Kepegawaian; bahkan ke tingkat kelurahan.

Baca juga : Pj Gubernur Sumut Ingatkan Netralitas ASN pada Pemilu 2024

Tim ini, lanjut Benyamin, akan mengawasi ASN secara tertutup, mulai dari terjun langsung ke lapangan, menerima laporan masyarakat, dan memantau media sosial.

“Agar para ASN itu tidak membawa, mempengaruhi, atau menggiring opini untuk para calon dalam Pemilu 2024 nanti,” sebutnya.

Benyamin melarang para ASN menggunakan fasilitas negara, dalam konteks ini, aset Pemerintah Kota Tangsel, untuk kepentingan kampanye. Dia telah menyiapkan sanksi bagi ASN yang melanggar.

Baca juga : Jelang Pemilu 2024, ASN Dihimbau Untuk Pelayanan Masyarakat, Kolaborasi dan Netralitas

“Sanksi tegas berupa teguran keras, penundaan pangkat, pencopotan jabatan, hingga pemecatan sudah dipersiapkan bagi ASN yang merusak dan melanggar kedisiplinan sikap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024,” kata mantan Wakil Wali Kota Tangsel ini.

Benyamin menambahkan ASN Tangsel dapat menjaga stabilitas serta bebas dari intervensi para calon yang akan bertarung dalam pesta demokrasi tahun depan. (tempo/hm18)

Related Articles

Latest Articles