15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Mantan Mendagri Syarwan Hamid Meninggal Dunia

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era Presiden BJ Habibie, Syarwan Hamid, meninggal dunia pada Kamis (25/3/21) dini hari.

Kabar duka itu dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan. Benni menyampaikan ucapan duka cita Kemendagri atas berpulangnya Syarwan.

“Benar. Meninggal pukul 03.30 WIB tanggal 25 Maret 2021. Kami mengucapkan duka cita,” kata Benni, Kamis (25/3).

Baca Juga: Muchtar Pakpahan, Tokoh Buruh Indonesia Meninggal Dunia

Kabar itu juga dibenarkan anggota DPD Jimly Asshiddiqie. Jimly mendapat kabar dari istri Syarwan, Endang Agustini.

Menurut Jimly, Syarwan meninggal dunia di kediamannya di Bulak Rantai, Jakarta Timur. Ia menyampaikan Syarwan meninggal dunia karena sakit. Namun, ia tak menjelaskan sakit yang diderita Syarwan.

“Ya, tadi pagi sebelum subuh, kira-kira pukul 3.30 WIB,” ujar Jimly.

Jimly meneruskan pesan keluarga Syarwan kepada CNNIndonesia.com. Keluarga meminta doa atas kepergian Syarwan.

Baca Juga:Kabar Duka, Mantan Menpora Abdul Gafur Meninggal Dunia

Syarwan Hamid menjabat sebagai Mendagri pada masa pemerintahan BJ Habibie. Ia menjabat Menteri Departemen Dalam Negeri pada 1998-1999.

Ia adalah lulusan Akademi Militer Nasional tahun 1966. Pada ujung Orde Baru, Syarwan berperan sebagai jenderal pemikir di jajaran TNI.

Syarwan pernah dituduh sebagai salah satu aktor di balik kerusuhan PDIP. Ia disebut-sebut sebagai dalang penumbangan Megawati Soekarnoputri dari pimpinan PDIP pada akhir Orde Baru.

Namun, hingga kini tuduhan itu tak bisa dibuktikan sepenuhnya. Kasus penyerangan Kantor PDI Perjuangan juga tidak pernah terungkap.(CNN/hm13)

 

Related Articles

Latest Articles