18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Kepulangan 505 Ribu TKI dari Malaysia Timbulkan Keresahan

Jakarta, MISTAR.ID

Kepulangan ratusan ribu tenaga kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri, utamanya dari Malaysia di tengah pandemi corona, menimbulkan keresahan.

“Ini memang masalah tersendiri, kedatangan tenaga kerja kita dari Kuala Lumpur itu hampir 505.000. Dan angka itu bisa bertambah. Kemudian dari Taiwan,” kata Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan, dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI yang berlangsung virtual, Selasa (21/4/20).

Luhut khawatir kepulangan mereka tidak melalui cara-cara yang sesuai prosedur. Apalagi, bukan tidak mungkin para TKI ini ikut membawa pulang virus corona (Covid-19).

“Di pelabuhan ini sendiri masalah, mereka merembes di hampir semua jalan tikus di Kaltara (Kalimantan Utara), di perbatasan Kalimantan Utara dengan kita. Ini masalah sendiri yang perlu kita selesaikan,” bebernya.

“Ini malah ada sampai 1 juta sekarang potensinya mau dipulangkan karena nggak ada kerjaan di sana. Terus ABK 16 ribu, belum kita bicara dari Taiwan berapa puluh ribu pekerja Indonesia mau dipulangkan juga, karena tidak ada kerjaan dan mau Lebaran juga,” katanya di Jakarta, Selasa (14/4/20) pekan lalu.

Sumber: CNBCINdonesia
EDitor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles