16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Gempa Bumi Tektonik 3,6 Magnitudo Guncang Aceh Besar di Penghujung Tahun 2022

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik guncang wilayah Jantho, Aceh Besar, Sabtu (31/12/22) pukul 11.12 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, menunjukkan gempa bumi kali ini memiliki parameter 3,6 Magnitudo.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.14 LU dan 94.75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 Km Barat Daya, Jantho, Kabupaten Aceh Besar pada kedalaman 17 Km.

“Gempa yang terjadi gempa bumi dangkal akibat aktivitas lempeng subduksi zona megathrust Andaman,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho.

Baca juga:BMKG Pastikan Gempa 5,2 Magnitudo di Pantai Barat Nisel Tidak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa dirasakan di daerah Aceh Besar dengan skala II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Hingga pukul 12.11 WIB, hasil monitoring kita belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” sebutnya.

Baca juga:10.792 Kali Gempa Terjadi di Indonesia Sejak Januari 2022

Namun, Hendro meminta kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar titik gempa untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (ial/hm06)

Related Articles

Latest Articles