15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Curah Hujan Ekstrem, Jokowi Ingatkan Masyarakat Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Jakarta, MISTAR.ID
Masyarakat diingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan tanah longsor, sebab saat ini curah hujan ekstrem meningkat di berbagai daerah Indonesia. Demikian ditegaskan Presiden Joko Widodo.

“Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG dan aparat di daerah. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor karena meningkatnya curah hujan yang ekstrem,” ujar Jokowi dalam keterangannya melalui video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/4/21).

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis adanya dua bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada cuaca ekstrem di Tanah Air.

Baca Juga:Presiden Jokowi Dan Prabowo Jadi Saksi Pernikahan Atta-Aurel Hermansyah

Salah satunya adanya potensi curah hujan lebat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada sepekan ini, yakni 3–9 April 2021.

“Ada potensi hujan lebat dan angin kencang di wilayah NTT pada 3-9 April 2021,” ujar Raditya dikutip dari siaran pers BNPB, Senin (5/4/21). Sementara itu, banjir dan tanah longsor terjadi di sejumlah daerah di NTT dan NTB, di antaranya di Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Malaka Tengah.(kpc/hm10)

Related Articles

Latest Articles