15.5 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

BMKG Ingatkan Mayoritas Daerah di Indonesia Berpotensi Hujan Deras

Jakarta, MISTAR.ID

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan mayoritas daerah di Indonesia mulai dari bagian barat, tengah dan timur untuk mewaspadai dampak potensi hujan deras pada Sabtu (6/7/24).

Dalam laporan analisis Pusat Meteorologi Publik BMKG, daerah yang harus mewaspadai dampak hujan deras antara lain Pulau Sumatera (Sumatera Selatan, Lampung).

Pulau Jawa (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten), Pulau Kalimantan (Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur, dan Utara), Pulau Sulawesi (Sulawesi Utara, Tengah, Selatan, Tenggara, Barat, dan Gorontalo), Maluku (Maluku, Maluku Utara).

Baca juga : BMKG Ungkap Penyebab Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan Beberapa Hari Terakhir

Papua (Papua Barat, Papua Barat Daya, Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan). Selain hujan deras, BMKG mengingatkan masyarakat dari mayoritas provinsi tersebut untuk mewaspadai turunnya hujan deras disertai petir dan kilat Sabtu siang, sore-dini hari.

BMKG juga memperingatkan adanya gelombang tinggi di perairan Indonesia. BMKG mencatat, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar 4 – 20 knot.

Related Articles

Latest Articles