13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Bahas Rempang, Jokowi Kumpulkan Sejumlah Menteri di Istana

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah menteri dikumpulkan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Kabarnya pertemuan itu untuk membahas persoalan pembangunan Rempang Eco-City, Batam.

Beberapa menteri terlihat memasuki Istana, Senin (25/9/23) sejak pukul 09.30 WIB. Beberapa menteri yang tampak hadir di antaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Sementara itu, Bahlil belum mau membeberkan pembahasan dalam pertemuan dengan Jokowi hari ini.

Baca juga: Konvoi Keliling Kota Medan, AMMBU Desak Pemerintah Selesaikan Konflik Rempang Galang

“Ratas, ratas ya. Nanti kita lihat. Setelah rapat saya kasih keterangan pers,” ujar Bahlil seraya bergegas masuk istana.

Sebelumnya, terjadi bentrok antara warga dengan polisi saat relokasi dilakukan untuk pembangunan Rempang Eco-City, Batam memicu polemik. Warga menolak direlokasi dan aparat kepolisian melakukan tindakan represif.

Komnas HAM mengungkap dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dalam kejadian di Rempang. Komnas HAM mencatat ada dua kali penahanan warga, yaitu saat 8 orang ditangkap pada peristiwa 7 September dan 34 orang ditangkap pada 11 September lalu.

Baca juga: Komnas HAM Sarankan Perubahan Jadwal Relokasi Warga Rempang

Komisioner Komnas HAM Saurlin Siagian di Kantor Komnas HAM mengatakan, kejadian Rempang telah menunjukkan indikasi cukup kuat adanya pelanggaran hak. Namun pihaknya akan terus mengumpulkan bukti-bukti gradasi pelanggaran HAM yang ada.

Presiden Jokowi memberi perhatian khusus terhadap kasus ini. Jokowi mengaku ada masalah komunikasi buruk dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut.

Jokowi mengirim Menteri Investasi Bahlil Lahadalia untuk mengatasi persoalan-persoalan di Rempang. Bahlil berjanji akan mengubah pendekatan dalam pembangunan di Rempang.

“Kami akan mengerahkan cara-cara yang lembut,” ujar Bahlil di Batam, Kepulauan Riau, dilansir Antara, Senin (18/9).

Related Articles

Latest Articles