15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Angka Kecelakaan Nasional Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengumumkan penurunan angka kecelakaan di Indonesia selama periode Natal 2023, yakni 19-25 Desember. Dimana, angka kecelakaan menurun sebesar 39 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Yang membesarkan hati, angka kecelakaan turun 39 persen, secara langsung membandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujar Budi di Kantor Kemenhub, Senin (25/12/23).

Budi juga menegaskan komitmen Kemenhub untuk terus berupaya mewaspadai agar angka kecelakaan tidak meningkat menjelang tahun baru dan awal tahun 2024. Ia menyoroti khususnya pada bus wisata yang tidak memenuhi standar keselamatan.

Baca juga: 3 Korban Kecelakaan di Tol Lubuk Pakam Dimakamkan Satu Liang

Menurutnya, bus yang tidak sesuai standar dan tidak terkontrol membawa risiko, terutama saat mengangkut wisatawan ke daerah dataran tinggi.

“Kami selalu mengingatkan, bus-bus wisata relatif sulit dikendalikan dengan baik. Jadi, jika satu bus digunakan dengan kualifikasi yang tidak sesuai dan supir yang kurang berpengalaman, itu sangat berbahaya,” katanya.

Di sisi lain, Budi juga mengatakan beberapa tempat wisata terpantau padat. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk mengunjungi tempat-tempat wisata saat ramai.

“Beberapa tempat wisata terpantau sangat ramai. Saya imbau para wisatawan tidak mengunjungi tempat wisata pada jam-jam puncak,” tuturnya. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles