8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Amankan Pelantikan Prabowo, Polri Gelar Gladi Bersih, TNI Kerahkan 3 Matra

Persiapan secara umum TNI telah menyusun rencana pengamanan yang komprehensif, melibatkan berbagai satuan sesuai dengan kebutuhan pengamanan. Demikian disampaikan Kapuspen TNI, Mayjen Hariyanto, pada Jumat (11/10/24).

Hariyanto mengungkapkan, TNI bekerja sama dengan Polri dan instansi terkait lain untuk memastikan semua aspek pengamanan terkoordinasi dengan baik.

Rencana pengamanan mencakup pengamanan area sekitar lokasi pelantikan, serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat.

Baca juga: Prabowo Berkelakar Soal Warna Dasinya di Acara PKB

Dan untuk pelibatan Satuan, kata Hariyanto, TNI akan mengerahkan 3 matra yakni Angkatan Darat, Laut dan Angkatan Udara.

“Setiap satuan akan memiliki peran khusus, seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP, guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung,” ujarnya.

Selain itu, kata Hariyanto, TNI juga menyiapkan tindakan preventif untuk mencegah potensi gangguan. termasuk pengawasan ketat di area-area tertentu.

“Dengan langkah-langkah kesiapan ini, TNI berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara pelantikan presiden dan wakil presiden,” tegasnya.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta.

Keduanya akan dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama. (kpc/cnn/hm27)

Related Articles

Latest Articles