21.3 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Ada Wacana, Angka Covid-19 Tak Lagi Diumbar di Media. Begini Kata Pakar

Jakarta, MISTAR.ID

Sepertinya ada wacana angka kasus Covid-19 tidak lagi diumbar atau dipublikasikan di media massa. Wacana ini diketahui dari munculnya pendapat pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono yang memberi penilaian, dengan tidak dilaporkannya perkembangan kasus harian virus corona akan berdampak baik untuk masyarakat.

“Mungkin jauh lebih baik, masyarakat bisa tenang, mungkin (masyarakat) ga ngerti juga,” kata Pandu melalui sambungan telepon, Rabu (22/7/20).

Menurutnya melaporkan kasus harian yang berisi hanya pertambahan data kasus konfirmasi positif, tambahan kasus sembuh, dan tambahan data kasus kematian justru membuat masyarakat panik dan justru tidak produktif.

Baca Juga: WHO Catat Rekor Kasus Corona Global, Tertinggi Masih Amerika

“Ya baguslah, bosen juga yang dilaporkan kasus kematian, kasus positif, membuat panik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pandu menilai keputusan untuk tidak melaporkan kasus harian bisa jadi adalah salah satu upaya pemerintah untuk membuat masyarakat tenang. Sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas dengan produktif.

“BNPB kan kerjanya memang menenangkan masyarakat saja, bukan menanggulangi pandemi,” kata Pandu.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Indonesia, 18 Juli: 84.882 Positif, 43.268 Sembuh

Namun meski demikian, Pandu menyarankan agar pemerintah melaporkan analisis perkembangan kasus mingguan. Laporan analisis ini berisi tren kasus, konsekuensi, dan penanganan yang dilakukan pemerintah.

Hal itu bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang perkembangan Covid-19 terkini.

“Yang harus diumumkan itu hasil analisisnya, tren, dan konsekuensinya apa, mengapa kondisi itu bisa terjadi, penanganannya seperti apa, mungkin [dilaporkan] setiap minggu,” katanya.

Baca Juga: Amerika Makin Parah, Catat 68 Ribu Kasus Corona dalam Sehari

Sebelumnya pemerintah memutuskan untuk tidak lagi mengumumkan perkembangan kasus harian Covid-19 melalui siaran langsung Youtube. Laporan perkembangan kasus harian biasanya disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto setiap sore.

Laporan harian yang disampaikan Yurianto berisi penambahan kasus positif, kasus sembuh, kasus meninggal, kasus suspek, jumlah tes spesimen harian, serta provinsi terdampak Covid-19. Saat ini, untuk melihat laju penambahan kasus harian, masyarakat dapat langsung mengakses laman covid19.go.id.(CNN/hm02)

 

 

Related Articles

Latest Articles