18.5 C
New York
Monday, September 9, 2024

Yuk! Berkunjung ke Perpustakaan Cabang di Kantor Kelurahan

Medan, MISTAR.ID

Guna meningkatkan minat membaca pada masyarakat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan mengajak masyarakat terutama anak-anak sekolah juga mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan cabang yang bisa dijumpai di kelurahan yang ada di Kota Medan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Maya Fitriani mengatakan dimasa pandemi Covid-19 membuat masyarakat menyesuaikan kondisi tertentu guna mematuhi protokol kesehatan. Sehingga anak-anak Sekolah Dasar (SD), anak Sekolah Menengah Atas (SMA) serta para mahasiswa terbatas dalam mengakses pendidikan melalui kegiatan daring yang artinya tidak dapat berinteraksi secara langsung.

“Maka kami menghimbau kepada para orang tua untuk bisa mengunjungi perpustakaan cabang yang kita miliki di beberapa kelurahan Kota Medan. Orang tua tak perlu sungkan mendampingi putra-putrinya untuk mengunjungi perpustakaan cabang yang ada di kantor lurah sehingga anak-anak merasa dekat dengan akses membaca,” terangnya akhir pekan ini.

Baca juga: Hebat! Dukung Pembelajaran Daring, Ditpolairud Poldasu Siapkan Kapal Perpustakaan

Adapun letak Perpustakaan Cabang milik Pemko Medan ini berada di Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas, Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan, Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, Kelurahan Gaharu Kecamatan Medan Timur, Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal, Kelurahan Tembung Kecamatan Medan Tembung.

“Salah satunya di Kelurahan Amplas baru-baru ini gedung perpustakaan di sana telah direnovasi. Bahkan kita memberikan apresiasi atas renovasi gedung untuk layanan perpustakaan cabang dengan memberikan piagam pada Lurah Amplas Faisal Riza. Bagi cabang kantor lainnya juga bisa berperan aktif untuk pengusulan renovasi perpustakaannya. Sehingga tujuan ke kedepannya agar pengunjung lebih merasa nyaman,” terangnya.

Selanjutnya, dikatakan Maya yang baru satu tahun setengah ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan berharap bisa meningkatkan keliterasian pada masyarakat Kota Medan khususnya dalam meningkatkan minat baca dan aksesibilitas (ketercapaian) koleksi kepada masyarakat Kota Medan sekaligus belajar pada kondisi pandemi saat ini.

“Semoga tahun anggaran 2022-2023 Pimpinan Kota Medan dapat menambah perpustakaan cabang dan jarak paling jauh 5 -6 km dari kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan sehingga layanan perpustakaan dan aksesibilitas buku bisa didekatkan kepada masyarakat,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles