16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Wajib Pakai Masker, Meski Sudah Divaksin Seseorang Tetap Bisa Terpapar Covid-19

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan masyarakat untuk tetap memakai masker meski sudah divaksin. Pasalnya, kata Gubsu, seseorang yang sudah divaksin masih bisa terpapar Covid-19.

“Dari 148 ribu warga Sumut yang sudah mendapatkan vaksin, ada dua orang yang masih terpapar Covid-19 meski telah menerima suntik vaksin ini. Artinya memang kecil sekali risikonya. Sekarang tengah dipelajari apakah dia terkena virus saat sebelum atau sesudah divaksin,” kata Gubsu saat melihat perkembangan bayi kembar siam Adam dan Aris di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Senin (1/3/21).

Namun kata Edy, jumlah itu sangat kecil sekali bila dibandingkan dengan total 148 ribu orang tadi. Oleh karena itu dia menegaskan, meski sudah divaksin protokol kesehatan harus tetap dijalankan. “Protokol kesehatan itu mutlak, walaupun sudah divaksin,” tegasnya.

Baca Juga:Presiden Jokowi Harapkan Vaksinasi Selesai dan Ekonomi Kembali Bangkit

Sementara itu, Edy juga mengakui bahwasanya saat ini tengah dilakukan evaluasi terkait program vaksinasi di Sumut. Dia menuturkan, rencananya vaksinasi akan lebih diprioritaskan kepada daerah yang terdampak paling besar, seperti Medan, Binjai, Deli Serdang, Simalungun dan Siantar.

“Jadi bukan dibagi rata kepada 33 kabupaten/kota. Mudah-mudahan dengan ini bisa mengurangi dan menghambat virus ini dan tetap ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles