15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Tingkatkan Produksi Keripik Singkong, Dosen FT-USU Ciptakan Mesin Alternatif

Deli Serdang, MISTAR.ID

Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Sumatera Utara (USU) menciptakan mesin alternatif untuk meningkatkan produksi keripik singkong dari industri rumah.

Inovasi ini berupa mesin dirancang untuk membantu pengusaha keripik, khususnya dalam upaya meningkatkan produktivitas mereka mengolah singkong menjadi keripik siap konsumsi.

Tim pelaksana dari Fakultas Teknik USU menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Jalan Datuk Kabu Desa Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara sejak pekan lalu.

Baca juga : Fakultas Keperawatan USU Gelar Ajang Deli Sciense Nursing Tingkat Nasional

Ketua pelaksana pengabdian masyarakat, Aulia Ishak beserta anggota tim, Humala Lodewijk Napitupulu dan Ukurta Tarigan memperkenalkan tiga jenis mesin yang berbeda kepada pengusaha keripik singkong di daerah tersebut.

“Mesin-mesin ini mencakup mesin pengiris atau pemotong singkong untuk mempercepat proses pemotongan singkong,” jelasnya.

Baca juga : PEMA USU Berganti jadi BEM USU

Kemudian mesin spinner yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada singkong setelah digoreng, serta mesin sealer plastik yang mempermudah proses pengemasan keripik singkong.

“Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga jenis mesin berbeda yang diperkenalkan kepada pengolah keripik singkong, mulai dari mesin pengolahan sampai pengemasan,” ujar Aulia Ishak melalui sambungan telepon kepada mistar.id.

Related Articles

Latest Articles