18.6 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Tim PKM VKG USU Kembangkan Ide Toba Ecotherapy, Penyembuhan Pasien Pecandu Narkoba

Tim Toba Ecotherapy yang mengikuti PKM Skema Bidang VGK akhirnya lolos dan melaju ke PIMNAS setelah melalui beberapa tahapan.

PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) diselenggarakan untuk mengakomodasi kesenangan generasi saat ini dalam mengunggah konten di media sosial dan mewadahinya dalam koridor kreativitas, keilmiahan, dan kemanfaatan.

Adapun ide yang diangkat yakni isu narkoba, dengan judul “Toba Ecotherapy : Pusat Rehabilitasi berbasis Green Architecture sebagai upaya Penyembuhan Diri demi Mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba” memiliki latar belakang Narkoba menjadi salah satu faktor terancamnya ketahanan bangsa dikarenakan performa usia produktif yang tidak prima.

Baca juga : BI Sumut Gelar Bincang Rupiah dan Pahlawan Bersama Mahasiswa USU

Maka dari itu Tim Toba Ecotherapy yang diketuai oleh Mhd Irsan (Teknik Industri), dengan beranggotakan Ichsanuddin (Arsitektur), Abdillah Thoha (Teknik Industri), M Tito Apriandi Nst (Teknik Industri), Indah Mutya (Teknik Kimia) dan dibimbing oleh Prof Dr Ir Meilita Tryana Sembiring, MT, IPU memiliki konsep inovasi pusat rehabilitasi dengan Konsep penyembuhan pecandu narkoba melalui pendekatan terapeutik yang melibatkan pemanfaatan alam dan lingkungan alamiah untuk memfasilitasi pemulihan individu yang mengalami penyalahgunaan narkoba.

Ketua tim VGK USU, Mhd Irsan menjelaskan terapi ini mencakup berbagai aktivitas di alam terbuka, terapi alam, atau penggunaan alam sebagai alat terapi untuk membantu individu dalam pemulihan.

“Healing Environment menjadi bagian dari konsep ecotherapy dengan tujuan menciptakan lingkungan yang mendukung, aman, dan nyaman bagi pasien mengatasi ketergantungan mereka,” ujarnya, Minggu (12/11/23).

Related Articles

Latest Articles