20.8 C
New York
Monday, June 10, 2024

Terhitung Januari-Juli 2023 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Sumut Sebanyak 3.888

Medan, MISTAR.ID

Kasus penularan rabies lewat gigitan hewan, sudah menjadi perbincangan intens di media sosial (medsos). Berdasarkan data, kasusnya juga meningkat. Dimana Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat  selama Januari-Juli 2023 terjadi 3.888 kasus gigitan hewan penular rabies.

Terkait hal itu, Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan mulai melakukan vaksinasi di beberapa daerah. Kali ini dilaksanakan di Jalan Flamboyan V, Kelurahan Tanjung Selamat, Kec Medan Tuntungan, Kota Medan, Rabu (26/7/23).

Salah seorang pegawai Lurah, Sabirin Bancin, mengatakan vaksinasi ini sudah berlangsung 2 hari. Sebelumnya dilakukan Dinas Ketapang di Polda Sumut.

Baca juga: Tips Awal Jika Digigit, Dokter Hewan Disbunak Sumut Paparkan Ciri Hewan Rabies

“Ini hari kedua, semalam di Polda, untuk selanjutnya belum tahu dimana, karena kita hanya menyediakan tempat,”kata Sabirin kepada Mistar.id

Pelaksanaan vaksinasi ini sudah dilakukan terhadap sekitar 32 hewan peliharaan, terutama anjing peliharaan.

Ia juga mengatakan di daerah tersebut banyak yang memiliki hewan peliharaan. Untuk mengurangi dampak rabies ini, pihaknya bersyukur diadakan di kelurahan tersebut.

“Awalnya masyarakat di sini kurang antusias, tapi karena menjadi perbincangan di medsos, ini menjadi ada kesadaran bagi masyarakat,”ujarnya.

Baca juga: Antisipasi Rabies, Dinas Peternakan Sumut Sudah Surati Dinas Kabupaten/Kota: Ajak Warga Vaksin Hewan Peliharaan

Dengan adanya vaksinasi yang diadakan Dinas Ketapang ini, banyak masyarakat yang awalnya cuek menjadi sadar akan pentingnya vaksinasi hewan ini.

Salah seorang warga Eko (28), mengatakan sudah lama tidak vaksin hewan peliharaannya. Takut akan berdampak bagi warga, dia ikut memvaksinasi hewan peliharaannya.

“Awalnya tidak pernah vaksin, tapi karena sudah maraknya penularan rabies ini, ikut ku vaksin juga lah anjing-anjing ku ini,”kata Eko (28) kepada Mistar.id

Baca juga: Tersedia 500 Vaksin Rabies di Simalungun, Jika Butuh Hewan Peliharaan Disuntik Lapor Pangulu

Ia juga bersyukur dengan adanya vaksinasi massal ini, bisa mengurangi resiko penularan rabies terutama daerah tempat tinggalnya.
Ia juga berharap kesadaran masyarakat untuk membantu Pemko Medan agar mengurangi resiko penyebaran rabies pada hewan ini.

“Semoga diadakan vaksinasi ini masyarakat lebih peduli dan dapat membantu mengurangi penyebaran rabies ini,”ujarnya. (Andreas/hm17)

Related Articles

Latest Articles