17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Sumut Cenderung Berawan Besok, BMKG Ingatkan Bencana Hidrometeorologis

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan prakiraan cuaca Sumatera Utara (Sumut) yang berlaku untuk, Senin (7/8/23).

Prakirawan BMKG wilayah I Medan Putri Diana Tarigan mengatakan, Sumut cenderung berawan besok hari. Namun, hujan ringan berpotensi terjadi di Kepulauan Nias, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan Labuhanbatu Utara (Labura).

“Siang hingga sore hari, hujan lebat akan terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Karo, Samosir, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga dan Taput,” ucapnya.

Untuk malam hari, kata Putri, hujan lebat masih akan terjadi di beberapa daerah seperti Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Toba, Samosir, Tapanuli Utara dan Humbahas.

Baca juga: BMKG: Sebagian Besar Wilayah Sumut Berpotensi Diguyur Hujan Seharian

“Seluruh wilayah di Sumut diprediksi berawan pada dini hari,” ucapnya.

Putri mengatakan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 17.0 – 34.0⁰ C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10 – 30 km/jam.

“Terdapat 5 titik panas (hotspot) di Sumut yang terdeteksi pada 5 Agustus 2023. Satu titik di Nias Selatan, 2 di Tapteng dan 2 di Samosir,” katanya.

Baca juga: BMKG: Kondisi El-Nino Normal Positif, Sumut Belum Terdampak

Putri mengatakan, BMKG wilayah I Medan juga mengeluarkan imbauan untuk waspadai hujan lebat di sebagian wilayah pantai timur, lereng timur, pegunungan, hingga pantai barat Sumut pada sore hingga malam hari.

“Kondisi ini dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan genangan air,” pungkasnya. (ial/hm20)

Related Articles

Latest Articles