16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Suhu Panas di Kota Medan Disebabkan Posisi MJO Berada di Daerah Maritim dan Dipole Mode Bernilai Normal

Medan, MISTAR.ID

Suhu udara Kota Medan hari ini tercatat 34.6⁰ C. Angka itu kurang 0,4⁰ C dari suhu udara tertinggi di Sumut yang mencapai 35.0⁰ C sesuai data yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan, Kamis (11/8/22) pagi.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG wilayah I Medan Eridawati mengatakan, suhu udara Kota Medan yang menyentuh angka 34.6⁰ C disebabkan posisi Madden Julian Oscillation (MJO) berada di maritim yang tidak begitu berpengaruh terhadap penambahan curah hujan.

“MJO merupakan antivitas intra seasonal yang terjadi di wilayah tropis,” ujarnya kepada Mistar.

Eridawati mengatakan, begitu juga dengan indeks Dipole Mode yang saat ini bernilai normal, yang artinya juga tidak berpengaruh siginifikan terhadap peningkatan curah hujan di Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga:Hujan Lebat Siang dan Malam, BMKG Medan Imbau Warga Waspada

Berdasarkan analisis angin permukaan, arah angin di wilayah Sumut umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan angin mencapai 30km/jam.

“Sehingga untuk dua hari ke depan, wilayah Sumatera Utara diprakirakan hujan dengan intensitas ringan,” katanya.

Eridawati menyebutkan, hujan terjadi di beberapa wilayah khususnya di lereng timur Sumut dan bersifat lokal. Hal ini disebabkan karena angin yang bersifat divergen dari arah barat daya, yang menyebabkan pembentukan awan hujan cukup kecil di wilayah itu.

“Penyebab lain posisi semu matahari saat ini masih di atas khatulistiwa menuju khatulistiwa. Namun, pada 21 september mendatang posisi semu matahari tepat di khatulistiwa, hal ini akan menambah rasa panas di daerah kita (Sumatera Utara),” ucapnya.

Baca juga:BMKG: Suhu Panas Disertai Angin Kencang Masih Akan Terjadi di Sumut

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mencatat suhu udara terendah di Sumatera Utara (Sumut) hari ini berada pada kisaran 17.0⁰ C, sementara suhu tertinggi di angka 35.0⁰ C. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles