13.7 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Stadion Teladan Medan Dinyatakan Layak Gelar Pertandingan Dihadiri Penonton

Medan, MISTAR.ID

Tim risk assessment Mabes Polri menyatakan Stadion Teladan Medan laik atau memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan kandang lanjutan Liga 2 musim 2022/2023 dengan dihadiri penonton.

Hal itu disampaikan Ketua tim risk assessment Kombes Pol Murry Mirranda usai melakukan analisis potensi bahaya selama dua hari di Medan dan Lubukpakam yang berkahir, Kamis (5/1/23) sore menjelang malam.

Dikatakan Murry, pihaknya cukup puas melakukan penilaian baik dari sisi administrasi dan infrastruktur (tahapan wawancara) dari home base tiga klub Liga 2 asal Sumut (PSMS, Karo United dan PSDS Deli Serdang).

Baca juga:Jelang Bergulirnya Liga 2, Mabes Polri Lakukan Risk Assessment di Stadion Teladan

“Kita melihat keseriusan pihak panitia pelaksana (panpel) untuk memenuhi Perpol No 10 Tahun 2022 hingga dinyatakan laik/memenuhi syarat,” ujarnya.

Namun, Murry meminta agar perbaikan tetap dilanjutkan. Dengan hasil yang didapat saat ini, Murry mengingatkan adanya peningkatan yang dilakukan dengan penuh keseriusan.

“Bukan hanya dari panpel saja, tapi juga dari pihak pengelola dan juga pihak kepolisian,” katanya.

Anggota risk assessment Baruno Subroto menambahkan, perlu sinergitas antara panpel, pengelola dan kepolisian ke depannya agar pelaksanaan pertandingan dapat berjalan lancar dan aman, serta tak terjadi lagi kejadian seperti tragedi di Kanjuruhan.

“Penilaian ini kami lakukan bukan saja di Stadion Teladan maupun Stadion Baharuddin Siregar, tapi kami juga melakukan di stadion seluruh Indonesia, dengan pola penilaian yang sama,” katanya.

Oleh karena itu, sebut dia, itu menjadi sebuah standar untuk dijadikan acuan kepada panpel, pengelola maupun kepolisian. Dia meyakini kegiatan sepak bola dapat dilaksanakan dengan adanya penonton dan juga terpenuhi untuk melengkapi fasilitas kekurangan analisa resiko dan juga kelengkapan informasi.

“Jika ini semakin lengkap, tentu akan menjadi kekuatan yang luar biasa. Semoga penilaian ini dapat meningkatkan kemampuan panpel dan mengangkat nama baik masing-masing klub,” ucapnya.

Baca juga:PSMS Diberi Izin Gunakan Stadion Teladan Sebagai Home Base

Sekadar informasi, PSMS mendapatkan nilai paling tinggi dari dua klub Liga 2 lainnya Karo United dan PSDS Deli Serdang, dalam penilaian sejumlah aspek yang dilakukan tim risk assessment Mabes Polri.

Tim berjuluk Ayam Kinantan meraih point 68,63, Karo United 64,84, sementara Traktor Kuning PSDS Deli Serdang mendapat nilai 63,77. (ial/hm06)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles