15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Siaga Nataru, Deputi Operasi Cek Alut yang Dimiliki Basarnas Medan

Medan, MISTAR.ID

Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno mengunjungi Kantor Basarnas Medan, akhir pekan kemarin.

Kunjungan dilakukan untuk meninjau ruang gedung peralatan SAR, sekaligus mengecek kesiapan Alat Utama (Alut) yang dimiliki Basarnas Medan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno memberi penekanan dan penegasan kepada para pejabat, serta petugas gudang agar selalu memelihara dan merawat semua peralatan yang dimiliki secara teratur dan terjadwal.

Baca Juga:Pemudik Nataru Diprediksi Dua Kali Lipat, Polres Siantar Rencanakan 7 Pospam

“Perhatikan semua peralatan dalam keadaan siap apabila sewaktu-waktu digunakan untuk pelaksanaan operasi SAR,” ujarnya.

Selain itu, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno juga meninjau seluruh kendaraan yang terparkir di Shelter Basarnas Medan. Kesiapan Alut kendaraan menjadi faktor penting dalam pelaksanaan operasi SAR, sehingga apabila tidak dirawat dan dipastikan kelayakannya, pelaksanaan operasi SAR bisa terganggu.

Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno mengingatkan hal yang pertama sekali dilakukan seorang Rescuer sebelum menolong orang, adalah memastikan diri kita aman. Untuk itu, seorang Rescuer harus terlebih dahulu dalam keadaan sehat dan prima khususnya dalam pelaksanaan siaga khusus Nataru seperti ini.

“Bina fisik secara rutin dengan berolahraga yang teratur agar kondisi fisik selalu bugar. Personil Rescuer juga harus selalu belajar dan asa kemampuan terkait dengan sistem dan metode agar tidak lupa dan menjaga kualitas,” pesannya.

Pemeliharaan peralatan juga hal penting yang harus dilakukan di sela-sela siaga. Dia mengingatkan agar mempergunakan waktu untuk mengecek dan merawat peralatan, komunikasi serta koordinasi yang baik dengan seluruh potensi SAR.

“Yang tidak kalah penting adalah Golden Time di setiap pelaksanaan operasi SAR sehingga Quick Response petugas Rescuer adalah faktor terpenting guna menunjang keberhasilan Operasi SAR,” ucapnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles