23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Seratusan TKI Dari Malaysia Tiba di Lanud Soewondo

Medan,MISTAR.ID

Seratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang dipulangkan karena pandemi global virus corona atau Covid-19, tiba di Lapangan Udara (Lanud) Soewondo, Kamis (9/4/20) sekira pukul 17.15 WIB.

Para TKI ini datang menggunakan 4 bus Damri dikawal oleh Polisi dan TNI. Begitu turun dari bus, para TKI dibariskan terlebih dulu.

Dengan cara mengantri, mereka terlebih dulu disemprot satu persatu dengan cairan desinfektan. Lalu mereka disuruh cuci tangan sebelum masuk tempat penampungan. Kemudian para TKI itu diberikan perlengkapan seperti handuk, sendal dan nasi kotak.

Tampak para petugas TNI AU yang lengkap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) memberi imbauan kepada para TKI untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Komandan Lanud Soewondo Kolonoel Pnb Meka Yudanto mengatakan, sebanyak 524 TKI akan dipulangkan dengan 4 kali penerbangan.

“Sesuai koordinasi dengan Pemrov dan Lanud, kita mendapatkan kabar dari Kedutaan Malaysia ada 524 TKI yang dipulangkan,” kata dia.

Masih kata dia, untuk hari ini (Kamis) para TKI itu diterbangkan dua kali.

“Untuk hari ini ada dua penerbangan dan besok dua penerbangan juga. Untuk hari ini tadi pagi sebanyak 134 TKI dan dibawa ke penampungan di Deli Serdang. Sedangkan untuk penampungan di sini (Lanud Soewondo) sebanyak 136 TKI dan sudah tiba sore tadi,” ucap dia.

Para TKI ini hanya sementara di penampungan. Selanjutnya, sebut dia, pihak Pemko/Pemkab akan menjemput warganya.

“Sudah dilengkapi logistik maupun perlengkapan untuk para TKI selama di penampungan,” terang Meka.

Dia berharap para TKI bisa betah selama di penampungan. “Semoga TKI tidak ada yang melakukan pelarian. Kita juga sudah melakukan imbauan terhadap mereka,” terang dia.

Penulis : Saut
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles