9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Senat Mahasiswa FMIPA Unimed Selenggarakan FMIPA Preuner Fair 2022

Medan, MISTAR.ID

Senat Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Medan menyelenggarakan program Pameran dan Seminar FMIPA Preuner Fair 2022 dengan tema “Membidik Peluang Wirausaha Mahasiswa”, Kamis (20/10/22) bertempat di Aula FMIPA Gedung Prof Dr Syawal Gultom MPd.

FMIPA Preuner Fair yang diselengarakan secara luring ini merupakan program kerja SEMAF MIPA Unimed 2022. Dalam kegiatan ini dilaksanakan pameran wirausaha dari 30 kelompok wirausaha mahasiswa dan seminar wirausaha. Tujuan acara ini untuk mengembangkan potensi wirausaha mahasiswa berbasis keilmuan.

Kegiatan pameran dan seminar ini dimulai dari pukul 15.00 WIB dihadiri sebanyak 280 mahasiswa dari seluruh Fakultas di Universitas Negeri Medan. Pameran diisi oleh kelompok wirausaha mahasiswa bimbingan UPKK Unimed melalui program Business Plan Competition (BPC) 2022.

Baca Juga:Unimed Buka Prodi Baru S1 Statistika FMIPA

Zulqadri sebagai Ketua Senat Mahasiswa FMIPA Unimed dalam sambutannya mengatakan bahwa ini pameran wirausaha pertama di FMIPA Unimed. “Dengan bangga saya sampaikan bahwasanya ini merupakan pameran wirausaha pertama yang dilaksanakan di FMIPA Unimed. Kegiatan kolaborasi pertama FMIPA dengan lembaga-lembaga wirausaha baik internal seperti UPKK dan eksternal seperti HIPMI serta Gekrafs”.

Sementara itu kepala UPKK Unimed mengapresiasi kegiatan FMIPA Preuner Fair 2022 dan berharap agar mahasiswa dapat sadar tentang pentingnya berwirausaha di usia muda. “UPKK Unimed mengapresiasi inisiatif ini dan kami harap semua bisa lebih sadar tentang pengembangan karir dan kewirausahaan dari sejak mahasiswa seperti ini.”

Kegiatan resmi dibuka oleh  Dekan FMIPA Unimed Prof Dr Fauziyah MSi, sekaligus memberi sambutan kepada seluruh peserta FMIPA Preuner Fair. Prof Fauziah  berharap agar kegiatan ini bisa berkelanjutan. “Ibu harap semua yang hadir hari ini tidak berhenti sampai di sini, ilmu yang didapat harus berkelanjutan sifatnya bukan seremonial sekali saja, jadilah pengusaha yang berbasis keilmuan.”

Baca Juga:Unimed Persiapkan Alih Status dari PTNBLU Menuju PTNBH

Setelah memberi sambutan Dekan Bersama fungsionaris FMIPA, Wakil Dekan I Prof Dr Jamalum Purba MSi, Wakil Dekan II Dr Ani Sutiani MSi dan Wakil Dekan III Dr Rahmatsyah MSi didampingi Kepala UPKK Unimed Ali Fikri Hasibuan SE MSi mengunjungi pameran kelompok wirausaha mahasiswa Unimed.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Sekretaris Umum HIPMI PT Unimed Fikri Akbar Trianto SPd. Ia menyampaikan bahwasanya dalam dunia perkuliahan mahasiswa harus mampu mengeksplore lebih kemampuan diri tidak hanya sekedar mengerjakan tugas dan mendapatkan nilai bagus, tapi juga menambah pengalaman khususnya dalam berwirausaha.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Ketua Umum Gekrafs Deli Serdang sekaligus seorang youtuber dengan 1 juta lebih subscribers Abdul Aziz SPt. Ia menyampaikan kalau mahasiswa harus punya karya dan memberikan tips dan trik menjadi influencer.

Baca Juga:Tujuh Judul PKM Mahasiswa Unimed Lolos Ikuti PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Setelah pemaparan materi moderator FMIPA Preuner Fair Aninda Suhaila yang juga sebagai mahasiswa penerima pendanaan program wirausaha dari Kemdikbud ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya lalu kegiatan ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator.(rika/rel/hm15)

Related Articles

Latest Articles