28.9 C
New York
Sunday, June 2, 2024

RS Adam Malik Tambah Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Derajat Berat

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik mengaku telah melakukan penambahan ruang rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat.

Kasubbag Humas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak, mengatakan ruang rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat, saat ini telah penuh (full). “Untuk derajat berat memang sudah full,” kata Rosa, Jumat (7/5/21).

Situasi saat ini sudah terjadi sejak 2 pekan yang lalu. Karena, pasien terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat, maka RS Adam Malik melakukan penambahan sebanyak 12 ruangan. “Ada penambahan 12 ruangan. Tadinya hanya 26 tempat tidur saja. Setelah ditambah menjadi 38 ruangan,” ujarnya.

Baca Juga:Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Kategori Berat di RSUD Adam Malik Penuh

Sedangkan untuk ruang rawat pasien derajat sedang, masih ada beberapa ruangan lagi. “Total tempat tidur Covid-19 di sini seluruhnya ada 173 unit. Banyaknya pasien Covid dirawat di sini karena banyak rumah sakit daerah yang merujuk ke RS Adam Malik,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada rumah sakit lain untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu apabila ingin merujuk pasien Covid ke RS Adam Malik. “Selalu kita tekankan agar Rumah Sakit lain ketika ingin merujuk pasien Covid dengan derajat berat agar dikonfirmasi dulu, via telepon SPGDT atau aplikasi sisrute,” terangnya.

Seperti diketahui, penuhnya ruang rawat isolasi pasien Covid-19 dengan status derajat berat ini sudah terjadi sejak Senin (26/4/21) lalu. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles